Konversi Koordinat DMS to DD dengan Kalkutor di Windows 10

Aplikasi kalkulator di Windows, bisa dimanfaatkan untuk konversi koordinat DMS ke DD dan sebaliknya.

Konversi koordinat DMS ke DD atau sebaliknya DD ke DMS pada sistem proyeksi geografis bisa dengan mudah di lakukan menggunakan aplikasi kalkulator yang tersedia di Windows 10. Aplikasi kalkulator juga tersedia di versi Windows sebelumnya, dan bisa juga digunakan untuk mengikuti cara yang ditunjukkan dalam postingan kali ini.

Untuk kebutuhan konversi koordinat tunggal DMS ke DD atau sebaliknya DD ke DMS secara cepat aplikasi kalkulator di Windows bisa dimanfaatkan. Namun jika Anda memiliki banyak titik koordinat yang ingin di konversikan dari DMS ke DD atau UTM dan sebaliknya, Anda bisa memanfaatkan Excel Template untuk Konversi Koordinat Geografis dan UTM yang tersedia untuk di download gratis.

Untuk melakukan konversi koordinat DMS ke DD atau sebaliknya DD ke DMS di Windows 10 dengan menggunakan aplikasi kalkulator, ikuti tahapan berikut ini :

Buka Aplikasi Kalkulator di Windows 10 dari menu Start, atau lakukan pencarian dari menu Search.

kalkulator konversi koordinat

Ubah mode Kalkulator dari Standard ke Mode Scientific

kalkulator mode scientific konversi koordinat

Anda bisa temukan tombol dms untuk konversi koordinat dari DD ke DMS dan tombol deg untuk konversi koordinat dari DMS ke DD

kalkulator konversi koordinat dms dd

Konversi Koordinat dari DMS (Degrees Minutes Seconds) ke DD (Decimal Degrees)

Contoh konversi koordinat dari DMS ke DD menggunakan aplikasi kalkutor di Windows 10 untuk nilai koordinat long lat berikut : 106°49’37.86″E 6°10’31.21″S (lokasi Monas Jakarta Pusat).

Di Kalkulator, untuk nilai longitude / easting 106°49’37.86″E Anda cukup ketikkan angka berikut : 106.493786. Simbol notasi derajat diganti titik, sementara nilai dibelakangnya cukup menghapus simbol notasi single quote dan double quote. Tekan tombol deg untuk mendapatkan hasil konversi DMS ke DD (derajat desimal).

kalkulator konversi koordinat dms ke dd

Untuk nilai latitude yang berada di zona selatan katulistiwa (lintang selatan), biasanya ditandai dengan huruf S dibelakang, maka ditambahkan nilai minus di depan angkanya sebelum di konversi ke derajat desimal. Contoh 6°10’31.21″S maka diketikkan di kalkulator sebagai -6.103121. Tekan tombol deg untuk mendapatkan hasil konversi DMS ke DD (derajat desimal).

kalkulator konversi koordinat dms ke dd lintang selatan

Konversi Koordinat dari DD (Decimal Degrees) ke DMS (Degrees Minutes Seconds)

Contoh konversi koordinat dari DD ke DMS menggunakan aplikasi kalkutor di Windows 10 untuk nilai desimal koordinat long lat berikut : 106.493786, -6.1753361.

Gambar di bawah ini adalah contoh hasil konversi koordinat desimal ke DMS. Setelah mengetikkan nilai -6.1753361, kemudian klik tombol dms, maka hasil diperoleh adalah -6.103120996. Output tersebut jika dituliskan dalam format DMS adalah 6°10’31.20996″S atau bisa dibulatkan nilai detik-nya menjadi 6°10’31.21″S . (Nilai minus di hapus diganti dengan notasi simbol S sebagai penunjuk koordinat tersebut berada di lintang selatan).

kalkulator konversi koordinat dd ke dms lintang selatan

Berikut beberapa artikel yang pernah Geotekno.com posting terkait konversi koordinat :