Excel Template Hitung Jarak Koordinat Derajat Desimal (Geografis)

Download File Excel Template untuk menghitung jarak pada sistem koordinat geografis (derajat desimal /decimal degrees) untuk penggunaan yang lebih cepat dan praktis

Tools untuk melakukan konversi koordinat dari sistem proyeksi geografis (derajat desimal) ke UTM atau sebaliknya dari sistem proyeksi UTM ke geografis (DD/DMS) umumnya tersedia secara default pada software GIS.

Namun saat ini tidak semua user yang terampil mengoperasikan software GIS, membutuhkan alat konversi koordinat yang mudah di gunakan. Misalnya menggunakan software Office Excel untuk melakukan konversi koordinat geografis dan UTM tersebut.

Kebutuhan berikutnya, adalah mengetahui jarak antar satu titik koordinat dengan koordinat lainnya. Hampir semua software GIS menyediakan pengukuran jarak yang mudah dioperasikan untuk menghitung jarak antara dua atau lebih titik dengan sistem koordinat tertentu, baik itu geografis (lat/long) ataupun UTM (easting/northing).

Namun sekali lagi, tidak semua user memahami cara operasional perhitungan jarak menggunakan software GIS. Untuk itulah Excel template untuk menghitung jarak antara antara satu titik koordinat dengan titik koordinat lainnya ini dibutuhkan untuk kepraktisan dalam bekerja.

Excel Template untuk menghitung jarak pada sistem koordinat geografis

Excel template untuk menghitung jarak antar koordinat pada sistem proyeksi geografis (derajat desimal/decimal degrees/DD) ini menggunakan formula Haversin. Formula ini menghitung jarak terdekat antara dua titik pada permukaan lengkung dengan memanfaatkan nilai latitude (Nilai Y) dan longitude (Nilai X) dari titik tersebut. Perhitungan ini penting untuk penggunaan pada navigasi.

Formula Haversin adalah sebagai berikut :

a = sin²(Δφ/2) + cos φ1 ⋅ cos φ2 ⋅ sin²(Δλ/2)
c = 2 ⋅ atan2( √a, √(1−a) )
d = R ⋅ c
dimana φ adalah latitude, λ adalah longitude, R radius bumi (rerata radius = 6,371km)
catatan, untuk bisa menjalankan fungsi trigonometeri, maka nilai sudutnya harus dalam radian.

Formula Haversin

Excel template yang disediakan ini menyediakan dua template perhitungan yakni dengan cara membandingkan dua titik koordinat geografis dalam satu baris seperti tampak pada gambar di bawah ini.

Penulisan formula Haversin di Excel untuk menghitung jarak antara dua titik koordinat pada sistem geografis sesuai gambar diatas adalah sebagai berikut : =2 * 6371000 * ASIN(SQRT((SIN((Lat2(3.14159/180)-Lat1(3.14159/180))/2))^2+COS(Lat2(3.14159/180))COS(Lat1(3.14159/180))SIN(((Long2(3.14159/180)-Long1(3.14159/180))/2))^2))

Cara kedua dengan membandingkan dua titik koordinat geografis dalam kolom berbeda, seperti tampak pada gambar di bawah ini. Anda bisa pilih sesuai kebutuhan. Formula di Excel untuk cara kedua serupa dengan cara pertama, hanya perubahan letak cell saja yang tadinya baris diubah menjadi kolom.

Dalam Excel yang bisa di download gratis ini, juga disediakan dalam sheet berbeda, template untuk menghitung jarak pada sistem koordinat UTM (Easting/Northing).

Situs resmi NOAA juga menyediakan laman khusus untuk melakukan perhitungan jarak datar pada sistem koordinat geografis (latitute longitude) secara online di link berikut : https://www.nhc.noaa.gov/gccalc.shtml . Output jarak yang diperoleh bisa dipilih dari beberapa satuan namun dengan nilai pembulatan (rounding) tanpa nilai desimalnya.

File Excel untuk menghitung jarak datar antara dua titik koordinat pada sistem proyeksi geografis (derajat desimal/decimal degrees) tersedia di akhir artikel ini. Sebelumnya, berikut beberapa artikel yang pernah Geotekno.com posting terkait konversi koordinat :

Download Excel Template Hitung Jarak Pada Koordinat Derajat Desimal (Geografis)