Download & Georeferencing Foto Satelit Google Maps Hanya Menggunakan Google Chrome Saja

Hanya dengan menggunakan browser Google Chrome, tanpa software GIS apapun, Anda bisa download sekaligus melakukan proses georeference foto satelite resolusi tinggi dari Google Maps dengan lebih mudah.

Sebelumnya, Geotekno.com sudah membagikan video tutorial cara download foto satelite Google Maps resolusi tinggi di ArcGIS 10.x dengan memanfaatkan aplikasi Portable Map Saver (PBS) dan juga Global Mapper untuk proses mosaic-nya. Tutorial tersebut ditujukan bagi pengguna software GIS dengan tingkat keahlian diatas Basic atau menengah, meskipun tetap mudah untuk diikuti.

download google maps dengan google chrome

Video GIS tutorial kali ini, Anda akan ditunjukkan cara download sekaligus cara melakukan georeferencing foto satelite Google Maps resolusi tinggi tanpa perlu mengoperasikan software GIS apapun di komputer pengguna. Cukup dengan modal Google Chrome dan tentu saja koneksi internet, Anda bisa dapatkan image satelit resolusi tinggi dari Google Maps lengkap dengan koordinat bumi dalam format Geotiff.

Cara yang ditunjukkan dalam video tutorial ini mirip dengan Tutorial Cara Download Peta dari Google Maps Menggunakan Browser Firefox yang pernah di posting Geotekno.com sekitar 10 tahun yang lalu.

Baca juga : Download Lokasi Pabrik Kelapa Sawit Seluruh Indonesia Format SHP/KML

Berikut ringkasan tahapan cara download sekaligus cara melakukan georeferencing foto satelite Google Maps secara online hanya dengan menggunakan Google Chrome saja.

  • Buka Google Chrome
  • Kunjungi situs Google Map Customizer (http://www.chengfolio.com/google_map_customizer)
  • Tambahkan ekstension Fireshot di Google Chrome
  • Kembali ke situs Google Map Customizer, pilih dan zoom in lokasi yang ingin di download, dan atur dimensi pixel sesuai kebutuhan. (contoh : Width 4000 Heigth 3500)
  • Download foto satelite Google Maps menggunakan ekstesion Fireshot. Anda perlu setting agar menghasilkan foto dalam format jpg, agar bisa di proses georeference secara online.
  • Hasil foto satelit dari Google Maps kemudian di lakukan proses georeferencing secara online dengan bantuan situs https://www.georeferencer.com
  • Upload foto satelit dari proses sebelumnya ke situs georeferencer.com dan mulai lakukan proses georeference dengan setidaknya menambahkan 4 titik acuan.
  • Selanjutnya, Anda bisa download foto satelit yang telah sesuai dengan koordinat bumi ke dalam format Geotif (sign in terlebih dahulu)
  • Foto satelit dalam format Geotiff akan dikirimkan ke email berupa link download.

Itulah tahapan secara garis besar proses download sekaligus cara melakukan georeferencing foto satelite Google Maps di browser Google Chrome. Untuk lebih detail proses dan tahapan yang harus dilakukan, ikuti video tutorial di bawah ini yang tersedia di channel Youtube Geotekno.com.

Step by step dalam tutorial cara download sekaligus cara melakukan georeferencing foto satelite Google Maps ini juga bisa menggunakan browser Firefox dengan cara serupa yakni menambahkan ekstension Fireshot terlebih dahulu.