Memisahkan Huruf dan Angka dari Field Attribute ArcGIS

ArcGIS Tips : Cara memisahkan Antara Huruf dan Angka dari Sebuah Field Attribute Menggunakan Python Script di Field Calculator

Geotekno.com – Beberapa pengguna ArcGIS Desktop bertanya bagaimana caranya memisahkan nilai dari suatu field attribute yang memuat kombinasi huruf dan angka menjadi field tersendiri yang memuat nilai angka saja dan huruf saja. Jika kombinasi huruf dan angka memiliki pola yang baku, kita bisa dengan mudah memisahkannya dengan Function LEFT/RIGHT yang terdapat di Field Calculator. Bagaimana jika kombinasi huruf dan angka dalam satu field tersebut random?

ArcGIS Tips kali ini akan menunjukkan kepada Anda, cara memisahkan nilai dari satu field yang memuat kombinasi huruf dan angka yang random. Field tersebut dipisahkan ke dalam field tersendiri yang memuat nilai angka saja pada field dengan type integer dan satu field lainnya memuat huruf saja dengan type text. Contoh hasilnya seperti tampak pada gambar diatas.

Tool yang digunakan untuk operasi pemisahan kombinasi huruf dan angka yang random dari sebuah field ini, menggunakan Field Calculator dengan memanfaatkan Pre-Logic Script Code Python. Berikut di bawah ini tahapan cara memisahkan huruf dan angka dari satu field ke field lainnya di ArcGIS Desktop.

  1. Tambahkan field baru dengan type Long Integer untuk memuat nilai angka dari field yang memuat kombinasi huruf dan angka. Contoh nama field baru type integer dalam latihan ini adalah ‘Nomor’
  2. Tambahkan field baru dengan type Text untuk memuat huruf atau text dari field yang memuat kombinasi huruf dan angka. Contoh nama field baru type text dalam latihan ini adalah ‘Huruf’.

Kita mulai dengan memisahkan angka dari field dengan nama ‘No_Huruf’ yang memuat kombinasi huruf dan angka yang random. Perhatikan gambar berikut di bawah ini, dan keterangan serta script Python yang digunakan untuk melakukan operasi pemisahan ini.

  1. Klik kanan field ‘Nomor’, klik pada Field Calculator. Dari dialog box Field Calculator yang terbuka, pilih Parser Python.
  2. Centang pada Show Codeblock, copy script berikut di bawah ini, paste pada form kosong Pre-Logic Script Code.
def conv(myword):
    mynum=''
    for chr in myword:
        if (ord(chr) >= 48 and ord(chr) <= 57) or ord(chr) == 47 or ord(chr) == 32 or ord(chr) == 45:
            mynum= mynum + chr
    return mynum
  1. Pada kotak kecilnya dibawahnya, isikan script berikut ini. Perhatikan, ‘No_Huruf’ adalah nama field sumber yang akan dipisahkan nilai kombinasi huruf dan angkanya.
conv(!No_Huruf!)

Hasil pemisahan angka ke dalam field ‘Nomor’ dari field sumber ( ‘No_Huruf’ ) yang memuat kombinasi huruf dan angka seperti tampak pada gambar dibawah ini.

Berikutnya kita pisahkan huruf atau text-nya saja dari field dengan nama ‘No_Huruf’ yang memuat kombinasi huruf dan angka yang random. Perhatikan gambar berikut di bawah ini, dan keterangan serta script Python yang digunakan untuk melakukan operasi pemisahan ini.

  1. Klik kanan field ‘Huruf’, klik pada Field Calculator. Dari dialog box Field Calculator yang terbuka, pilih Parser Python.
  2. Centang pada Show Codeblock, copy script berikut di bawah ini, paste pada form kosong Pre-Logic Script Code.
def conv(myword):
    mysting=''
    for chr in myword:
        if not((ord(chr) >= 48 and ord(chr) <= 57) or ord(chr) == 47 or ord(chr) == 32 or ord(chr) == 45):
            mysting = mysting + chr
    return mysting
  1. Pada kotak kecilnya dibawahnya, isikan script berikut ini. Perhatikan, ‘No_Huruf’ adalah nama field sumber yang akan dipisahkan nilai kombinasi huruf dan angkanya.
conv(!No_Huruf!)

Hasil pemisahan huruf/text ke dalam field ‘Huruf’ dari field sumber ( ‘No_Huruf’ ) yang memuat kombinasi huruf dan angka seperti tampak pada gambar dibawah ini.

Cukup mudah bukan? Bookmark halaman ini mungki suatu hari nanti Anda membutuhkannya. Atau share artikel ini ke media sosial Anda di Facebook, Twitter, Telegram, LinkedIn, atau WhatsApp melalui menu di bawah ini, siapa tahu teman Anda sedang membutuhkan solusi ini untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Baca Juga :
1. Menampilkan Foto Sebagai Label Point Di ArcGIS Desktop
2. Menambahkan Mapbox Map Style Sebagai Basemaps Di ArcGIS Dan QGIS
3. Video Tutorial Membuat Peta Animasi Di ArcGIS Pro