Cara Membuat Wallpaper Map Untuk Hape

Geotekno.com – Kamu mapper sejati? Tunjukkan bahwa kamu seorang yang sangat antusias dengan peta dan teknologi geospasial dengan membuat kustom wallpaper map di hape. Lokasi peta bisa dipilih sesuai keinginan kamu sendiri. Contoh tampilan wallpaper map di hape seperti di bawah ini.

wallpaper map di hape

Bagaimana cara membuat kustom wallpaper map di hape ini? Ternyata untuk membuatnya sangat mudah dan yang paling penting gratis 🙂 Hanya dengan beberapa klik dan sedikit penyesuaian, wallpaper map hasil desain kamu bisa langsung di download dan dijadikan gambar background di hape.

Adalah situs Alvarcarto.com yang menyediakan tool untuk membuat kustom wallpaper map secara online. Situs dari Finlandia ini sebenarnya menyediakan layanan jasa pencetakan peta dinding (hard copy) ukuran besar yang desainnya bisa user pilih sendiri. Jasa berbayar dari situs ini disebut bisa mengirimkan hasil print out peta dinding ke seluruh dunia.

Terinspirasi dari blog post yang terdapat situs Mapbox, dimana dalam blog post tersebut menunjukkan cara membuat kustom wallpaper maps untuk iPhone, maka Alvar Carto kemudian menyediakan layanan gratis secara online membuat wallpaper map untuk hampir segala macam tipe hape, tidak terbatas pada iPhone saja.

Baca Juga >> Menambahkan Mapbox Map Style Sebagai Basemaps di ArcGIS dan QGIS

Cara Membuat Wallpaper Maps untuk Handphone

Cara membuat wallpaper map untuk hape di situs Alvar Carto sangat mudah. Klik ‘Start Designing ‘ pada laman https://alvarcarto.com/phone-background/. Gambar background peta bisa dibuat sesuai keinginan kamu sendiri. Pilih sendiri kota atau negara yang diinginkan, lalu atur visualisasinya dengan melakukan zoom in/out. Pilih warna style yang diinginkan, kemudian pilihan output resolusi yang sesuai dengan hape kamu, terakhir klik Generate untuk download hasilnya.

cara membuat wallpaper map untuk hape
klik gambar untuk memperbesar

Mungkin yang perlu diperhatikan adalah saat hape kamu tidak ada dalam daftar list, yang memaksa kamu untuk memilih ‘Custom resolution ‘. Pastikan terlebih dahulu berapa ukuran resolusi hape kamu, atau langsung googling saja untuk mencari tahu ukuran resolusi hape yang ingin dipasang wallpaper map. Hal ini karena default custom resolution yang diberikan (1125×2436) bisa jadi terlalu besar untuk hape kamu. Akibatnya, ketika akan dijadikan sebagai wallpaper di hape, malah dipaksa untuk cropping gambar, sehingga tidak sesuai lagi dengan tampilan saat desain seperti contoh diatas.

Ayo mainkan, ganti gambar background hape kamu dengan wallpaper map yang lokasi peta-nya bisa dipilih sesuai keinginan kamu sendiri. Kalau perlu buat yang banyak dengan berbagai pilihan kota dan pilihan style yang berbeda juga, mumpung gratis.