Menampilkan Foto Sebagai Label Point di ArcGIS Desktop

Geotekno.com – Banyak pengguna memanfaatkan tool hyperlinks di ArcGIS untuk menampilkan foto dari suatu titik koordinat. Meskipun hyperlinks bisa dimanfaatkan juga untuk feature polyline dan polygon. Dengan hyperlinks, pengguna juga bisa menampilkan dokumen lain (word, excel, pdf dll) dan juga membuka suatu halaman website.

Namun hyperlinks hanya bisa dimanfaatkan secara interaktif saat ArcGIS digunakan. Muncul pertanyaan dari beberapa pengguna, bagaimana caranya menampilkan foto tepat di sebelah titik seperti halnya menempatkan label anotasi? Pertanyaan ini menarik untuk dijawab, karena kebutuhan untuk menampilkan foto sesuai titik koordinat yang tepat, kadang-kadang juga dibutuhkan saat peta di cetak atau saat disimpan dalam format PDF. Teruskan membaca artikel ini, karena Anda akan menemukan jawaban cara menampilkan foto sebagai ‘label’ point di ArcGIS seperti tampak pada gambar di bawah ini dengan menggunakan script Python.

Foto Sebagai Label Point Di ArcGIS

error Saat Menggunakan Hyperlinks dan Solusi Untuk Memperbaiki

Foto atau dokumen yang ingin di tampilkan memanfaatkan tool hyperlinks di ArcGIS seringkali menemui kendala atau error saat digunakan. Link yang sudah di sesuaikan di atribute, tidak bisa dibuka menggunakan tool Identify, Hyperlink, atau HTML Popup. Pesan error muncul saat melakukan klik pada feature seperti gambar di bawah ini.

hyperlinks error

Dari pesan error tersebut, kendala muncul karena dua hal. Pertama, kesalahan terjadi karena sumber data (nama file/file ekstension) telah berubah. Kedua karena file path salah atau tidak sesuai saat dituliskan ke dalam attribute. Bagaimana cara memperbaiki kesalahan atau hyperlinks yang error di ArcGIS? Berikut tahapan solusi yang diberikan oleh Technical Support ESRI untuk memperbaiki hyperlinks yang error.

  1. Pastikan hyperlinks sudah aktif (Enable) sesuai feature layer yang memiliki link ke foto atau dokumen atau URL.
  2. Klik kanan pada feature layer tersebut pada Table of Contents, pilih Properties.
  3. Pada dialog Layer Properties, klik tab Display.
  4. Pada Hyperlinks box, check Support Hyperlinks using field option, lalu pilih salah satu bagaimana link akan ditampilkan (pilih Document atau pilih URL).
  5. Klik Apply, lalu OK dan tutup jendela Layer Properties.
  6. Pastikan path name alamat foto atau dokumen sudah sesuai. Review kembali huruf kapital atau ekstension file, pastikan sudah tepat sesuai dengan nama dan ekstension file foto atau dokumen atau url yang ingin dibuka menggunakan hyperlinks.
  7. Jika ternyata seluruh hyperlinks telah berubah, buat kolom baru pada feature layer tersebut dan pastikan tipe kolom adalah Text dan nilai Length sesuai dengan panjang karakter path name atau buat isi nilai Length lebih panjang dari karakter path name.
  8. Copy dari hyperlinks dari kolom lama dan Paste ke kolom yang baru dibuat tersebut. Stop Editing dan tutup tabel atribute.
  9. Klik icon HTML Popup untuk menguji hyperlinks. Jika masih ada kendala, review kembali tahapan diatas, kesalahan yang paling sering muncul adalah kesalahan pada path name, file name dan panjang kolom atribute yang tidak sesuai.

Cara Menampilkan Foto Sebagai ‘Label’ Point di ArcGIS

Kembali ke topik utama, yakni cara menampilkan foto tepat di samping point seperti halnya menampilkan label annotasi di ArcGIS. Dengan menampilkan foto tepat di samping titik yang sesuai, maka foto tersebut tetap bisa tampil saat user me-layout dan mencetaknya, atau menyimpannya dalam format PDF.

Untuk bisa menampilkan foto layaknya label annotasi di ArcGIS, Anda bisa memanfaatkan script Python di bawah ini. Anda perlu melakukan pengaturan dengan sedikit trial atau melakukan modifikasi pada nilai baris 4 sampai 6 script dibawah ini (scale, shiftX, shiftY) agar ukurannya sesuai dengan keinginan Anda.

Asumsi untuk Script di bawah ini, Anda memiliki kolom hyperlinks seperti tampak pada gambar diatas.

import arcpy, traceback, os, sys
from arcpy import env
env.overwriteoutput=True

scale=10
shiftX=50
shiftY=25

points = r'D:\Scratch\points.shp'
try:
    def showPyMessage():
        arcpy.AddMessage(str(time.ctime()) + " - " + message)

    with arcpy.da.SearchCursor(points,("[email protected]","HLINK")) as scur:
        for shp,image in scur:
            worldFile=image.replace(".jpg",".jgw")
            f = open(worldFile, 'w')
            f.write('%s\n'%(float(1)/scale))
            f.write('0.0000000\n')
            f.write('0.0000000\n')
            f.write('%s\n' %(-float(1)/scale))
            f.write('%s\n' %(shp.firstPoint.X+shiftX))
            f.write('%s\n' %(shp.firstPoint.Y+shiftY))
        f.close
except:
    message = "\n*** PYTHON ERRORS *** "; showPyMessage()
    message = "Python Traceback Info: " + traceback.format_tb(sys.exc_info()[2])[0]; showPyMessage()
    message = "Python Error Info: " +  str(sys.exc_type)+ ": " + str(sys.exc_value) + "\n"; showPyMessage()  

Itulah dua topik cara memperbaiki kesalahan menggunakan hyperlinks di ArcGIS dan alternatif dari hyperlinks yakni dengan menampilkan foto tepat di samping feature layer seperti halnya menampilkan label annotasi. via gis.stackexchange.

BACA JUGA :