Inilah 2 Tools untuk Menampilkan Peta Interaktif di Dalam Microsoft Excel

Geotekno.com – Menampilkan data tabular non-spasial di atas peta dapat memudahkan pengguna untuk melakukan analisa. Data tabular yang di proses di dalam Microsoft Excel kini bisa langsung di overlaykan di atas peta dengan menggunakan 2 tools berikut : Power Map for Excel dan ESRI Maps For Office.

Power Map for Excel

Power Map bisa menampilkan peta di dalam Excel. Dengan Power Map pengguna bisa menampilkan chart di atas peta dalam visualisasi 3 dimensi. Plugin untuk Excel ini mampu melakukan plotting data geografis dan juga menampilkan data tabular temporal dan melakukan analisa data tersebut dalam bentuk 3D. Pengguna juga bisa membuat cinematic tour/video dan membaginya ke pengguna lainnya.

Power Map for Excel

Lebih jauh tentang Power Map for Excel bisa mengunjungi link ini. Berikut di bawah ini video “Introduction to Power Map” untuk mengetahui apa saja yang bisa dilakukan tool ini di dalam Microsoft Excel.

ESRI Maps for Office

ESRI Maps for Office mempunyai kelebihan dibanding Power Map. Tools ini bisa menampilkan multiple maps dalam visualisasi multiple data tabular. Sehingga pengguna bisa langsung membandingkan multiple data dalam tampilan peta yang berdampingan untuk memudahkan analisa.

ESRI Maps for Office
ESRI for Maps dengan multiple maps saat ini tersedia dalam versi 3.0. Kunjungi http://doc.arcgis.com/en/maps-for-office/ untuk memplejari lebih lanjut dan mendownload plugin untuk Excel ini. Berikut di bawah ini video tentang ESRI Maps for Office  versi 2.0 sebagai contoh cara menampilkan peta di dalam Excel.