Inilah 2 Tools untuk Menampilkan Peta Interaktif di Dalam Microsoft Excel

Geotekno.com – Menampilkan data tabular non-spasial di atas peta dapat memudahkan pengguna untuk melakukan analisa. Data tabular yang di proses di dalam Microsoft Excel kini bisa langsung di overlaykan di atas peta dengan menggunakan 2 tools berikut : Microsoft Power Map for Excel dan ESRI ArcGIS Maps For Office.

Power Map for Excel (2013) atau 3D Maps for Excel (2016 – 2019)

Microsoft Power Map untuk Excel adalah alat visualisasi data tiga dimensi (3D) dimana pengguna bisa memperoleh informasi dengan cara yang baru. Membuat peta interaktif dengan data Excel menggunakan Power Map memungkinkan pengguna mendapatkan Insight yang sebelumnya tidak terlihat dalam tabel dan bagan dua dimensi tradisional (2D).

peta excel power map

Microsoft Power Map for Excel memungkinkan pengguna bisa menampilkan peta di dalam Excel. Dengan Power Map pengguna bisa menampilkan chart di atas peta dalam visualisasi 3 dimensi.

Baca Juga : Cara Menampilkan Peta Google Maps Secara Interaktif ke Dalam Presentasi Powerpoint

Add ins untuk Excel ini mampu melakukan plotting data geografis dan juga menampilkan data tabular temporal dan melakukan analisa data tersebut dalam bentuk 3D. Pengguna juga bisa membuat cinematic tour/video dan membaginya ke pengguna lainnya.

peta 3d excel power map

Lebih jauh tentang Power Map for Excel bisa mengunjungi link ini. Tersedia juga Tutorial untuk membuat laporan di Excel menggunakan Power View berbasis peta di link ini.

Berikut di bawah ini video “Introduction to Power Map” untuk mengetahui apa saja yang bisa dilakukan tool ini di dalam Microsoft Excel.

ESRI ArcGIS Maps for Office

ESRI ArcGIS Maps for Office mempunyai kelebihan dibanding Microsoft Power Map atau 3D Maps for Excel. Tools ini bisa menampilkan multiple maps dalam visualisasi multiple data tabular. Sehingga pengguna bisa langsung membandingkan multiple data dalam tampilan peta yang berdampingan untuk memudahkan analisa.

arcgis maps for office

Baca Juga : Download Excel Template untuk Konversi Koordinat Geografis dan UTM

ESRI ArcGIS Maps for Office mampu menampilkan banyak peta interaktif ke dalam Excel. Tool yang sebelumnya bernama ESRI Maps for Office ini bisa di download melalui link ini. Tutorial untuk mempelajari cara menampilkan peta interaktif ke dalam Microsoft Excel menggunakan ArcGIS Maps for Office ini tersedia di link ini dan link ini.

esri arcgis maps for office

Berikut di bawah ini video demonstrasi contoh menampilkan peta interaktif ke dalam Excel dengan judul ArcGIS Maps for Microsoft Office : An Introduction dari channel Youtube ESRI Events.

Bagaimana Menambahkan Peta ke Dalam Excel?

Peta bisa di tambahkan ke Excel dengan menggunakan 2 tools berikut :
1. Add ins Microsoft Power Map for Excel (Office 2013) atau Add ins Microsoft 3D Maps For Excel (Office 2016-2019)
2. ESRI ArcGIS Maps For Office.

Bagaimana Install Power Map for Excel / 3D Maps for Excel?

Power Map for Excel / 3D Maps for Excel add ins khusus untuk Excel yang tersedia di Microsoft store. Anda harus login dengan akun Microsoft/Outlook/Live.com untuk menginstallnya.

Bagaimana Install ArcGIS Maps for Office?

ArcGIS Maps for Office adalah tool tambahan untuk Excel untuk menampilkan peta di dalam tabel Excel. Download tool ArcGIS Maps for Office di situs ESRI.