Konversi Koordinat Decimal Degree to UTM atau UTM ke Decimal Degree Secara Online

Konversi Koordinat diperlukan untuk menyamakan sistem proyeksi peta, atau untuk kebutuhan pengukuran dan keperluan untuk di tampilkan pada notasi di layout peta.

Konversi Koordinat Online
Tampilan Form Konversi Koordinat Online dari Asifah.com

Konversi koordinat dari sistem proyeksi geografis (Lat, Long) decimal degree atau derajat desimal ke sistem proyeksi UTM data sebaliknya dari UTM ke decimal degree/ derajat desimal ataupun degree minute second (DMS) / derajat menit detik bisa dilakukan dengan mudah di software GIS.

Bagi Anda yang awam penggunaan software GIS atau tidak memiliki software GIS di komputer/laptop, konversi korodinat decimal degree ke UTM atau sebaliknya bisa dilakukan secara online. Ada beberapa situs web yang menyediakan alat konversi koordinat tanpa Anda harus melakukan instalasi software di komputer.

Berikut beberapa situs web yang menyediakan form untuk konversi koordinat online dari sistem proyeksi geografis (Lat, Long) decimal degree atau derajat desimal ke sistem proyeksi UTM data sebaliknya dari UTM ke decimal degree/ derajat desimal ataupun degree minute second (DMS) / derajat menit detik :

  1. http://www.yogantara.info. Situs ber-Bahasa Indonesia ini menyediakan form konversi koordinat online untuk sistem long lat, dms dan utm, tanpa tampilan peta online. Tersedia juga aplikasi android konversi koordinat jika ingin melakukan konversi koordinat di smartphone.
  2. https://www.asifah.com/transformasi. Situs yang juga dibuat oleh orang Indonesia ( Asep Assafah ) ini juga menyediakan form untuk melakukan konversi koordinat online dari banyak sistem proyeksi ke sistem proyeksi lainnya, termasuk konversi koordinat TM3 ke UTM. Anda bahkan bisa melakukan konversi koordinat dengan banyak data sekaligus. Meski tanpa tampilan peta online, penggunaannya sangat memudahkan sekali dengan pilihan banyak sistem proyeksi dari satu form saja.
  3. https://wws-map.com/convert.php. Situs ini hanya menyediakan konversi koordinat online untuk derajat desimal ke derajat menit detik (online latitude longitude conversion only).
  4. https://www.geoplaner.com/. Selain konversi UTM ke DD/DMS, situs ini juga menyediakan konversi koordinat online dari dan ke derajat desimal menit (dd mm.mm’). Meski jarang digunakan, terkadang kita menerima data koordinat dalam format derajat desimal menit ini untuk di konversi.
  5. https://www.engineeringtoolbox.com/utm-latitude-longitude-d_1370.html. Situs ini hanya menyediakan konversi koordinat online dari satu arah dari UTM ke sistem koordinat latitude longitude. Anda juga bisa melakukan konversi online banyak koordinat sekaligus menggunakan form yang tersedia.
  6. https://www.latlong.net/lat-long-utm.html Situs ini selain menyediakan konversi koordinat online dari lat long ke utm, juga menyediakan konversi lat long to DMS dan DMS to DD dalam laman lainnya. Selain itu tersedia juga konversi koordinat suatu alamat ke lat long (Address to Lat Long) dan sebaliknya. Unik.
  7. https://twcc.fr/id/# . Situs The Worldwide Coordinate Converter (TWCC) dari Prancis ini merupakan aplikasi online yang interaktif  untuk melakukan konversi koordinat dari Decimal Degree ke UTM  atau sebaliknya dari UTM ke Decimal Degree yang menggunakan Google Maps sebagai background map.

Baca Juga : Excel Template Hitung Jarak Koordinat Derajat Desimal (Geografis)

konversi koordinat

Aplikasi yang dibuat oleh Clement Ronzon ini  bisa melakukan konversi sistem koordinat dari UTM ke Decimal Degree atau sebaliknya hanya dengan melakukan drag & drop sebuah globe icon ke lokasi yang Anda inginkan.

Selain mendapatkan nilai koordinat, TWCC juga memberikan  informasi alamat (geocoding) sekaligus  nilai elevasi/ketinggian pada lokasi yang Anda tentukan tersebut, seperti tampak pada gambar diatas.

coordinate converter

Berikut tahapan cara menggunakan aplikasi coordinate converter berbasis Google Maps ini :

  1. Tentukan coordinate system referensi terlebih dahulu. Untuk tahap ini saya memilih decimal degree [GPS (WGS84)(Deg)]. Lihat gambar, form yang atas.
  2. Menentukan coordinate system hasil konversi. Pada tahap ini saya memilih UTM [GPS (WGS84) (UTM)] dengan unit meters. Lihat gambar, form yang  bawah.
  3. Anda bisa mengisikan nilai coordinate yang ingin anda konversi, atau meng-klik pada peta / geser globe icon pada  lokasi yang ingin Anda ketahui nilai koordinat-nya sekaligus melakukan konversi ke UTM, atau mengisi pada menu pencarian di kanan atas.
  4. Untuk melakukan konversi koordinat cukup klik button convert yang tersedia.

Itulah beberapa situs yang menyediakan form konversi koordinat online di internet. Silahkan piliha yang paling mudah memudahkan untuk digunakan. Anda juga bisa menggunakan file Excel untuk konversi koordinat secara offline di link berikut : https://www.geotekno.com/?p=1821.