Download Data OpenStreetMap Dengan OSMnx

OSMnx, sebuah Python Package Untuk Download dan Analisis Data Batas Administrasi dan Jaringan Jalan dari OpenStreetMap.

OSMnx adalah Python package yang memungkinkan Anda melakukan download data dari OpenStreetMap API. Anda bisa download data geometri spasial jaringan jalan untuk kemudian memodelkan, memproyeksikan, memvisualisasikan, dan melakukan analisis jaringan. Dengan hanya 1 baris kode Python, Anda bisa download data jaringan jalan seluruh kota sesuai pilihan dan kemudian dengan mudah menganalisis dan memvisualisasikannya

Baca Juga >> Portable GIS 6.0, Kumpulan Open Source GIS Dalam Flashdisk

Analisis yang bisa dilakukan menggunakan OSMnx selain membuat visualisasi jalan buntu atau jalan satu arah, Anda juga bisa melakukan plot rute jalur terpendek, atau menghitung statistik seperti kepadatan persimpangan, konektivitas rata-rata antar node, atau sentralitas antar node. OSMnx yang dibangun di atas geopanda, networkx, dan matplotlib memiliki kemampuan berikut yang bisa dimanfaatkan bagi peneliti dan praktisi untuk melakukan analisa jaringan jalan yang umum dalam desain perkotaan dan studi transportasi, yaitu :

  1. Download batas administasi dan tapak bangunan sesuai nama kota pilihan user
  2. Download data jaringan jalan dan Point of Interest (POI) yang bisa di kustomisasi (jalur pedestrian, jalur sepeda, atau download segala jenis jalan)
  3. Visualisasi ke dalam web dinamis sebagai gambar statis.
  4. Koreksi algoritmik pada topologi jaringan jalan.
  5. Konversi data jaringan jalan ke format file SHP, GraphML, atau SVG
  6. Analisis jaringan jalan diantaranya, perhitungan rute, proyeksi dan visualisasi jaringan jalan, menghitung jarak dan waktu perjalanan dalam bentuk peta isoline / isochrone, perhitungan rute tercepat dan proses topologi jaringan.
osmnx liverpool folium
Contoh hasil download jaringan jalan Kota Liverpool UK dengan visualisasi menggunakan Folium

Professor Geoff Boeing, pakar urban planning and spatial analysis dari University of Southern California telah melakukan penelitian dengan melakukan analisis 27,000 jaringan jalan di Portland, Oregon menggunakan tools OSMnx ini. Anda bisa download penelitiannya yang berjudul ‘OSMnx: New Methods for Acquiring, Constructing, Analyzing, and Visualizing Complex Street Networks‘ di situs ResearchGate.

lebih jauh tentang OSMnx ini, Anda bisa kunjungi Github, sementara dokumentasinya tersedia di https://osmnx.readthedocs.io/en/stable/. Contoh penggunaan, mulai dari instalasi hingga proses download data dan analisis jaringan jalan, bisa mengunjungi blog Geoff Boeing disini, atau laman Medium Abdishakur disini.