Peta Animasi Pergerakan Lempeng Tektonik

Peta animasi pergerakan lempeng tektonik bumi yang terjadi sejak 540 juta tahun yang lalu dibuat menggunakan ArcGIS Pro

Berikut di bawah ini video animasi rangkaian 41 model paleo-elevation model format DEM, yang menggambarkan pergerakan lempeng tektonik bumi atau perubahan paleogeografi lautan dan benua kembali ke 540 juta tahun yang lalu (Periode Cambria-PreCambrian).

pergerakan-lempeng-tektonik-bumi

Baca juga : E-Book Gratis : Mapping With Style Using ArcGIS Pro

Animasi ketinggian tanah dan kedalaman batimetri dibuat berdasarkan interpretasi catatan batuan, diperkirakan untuk interval waktu 5 juta tahun. Model elevasi digital (DEM) dimulai ketika Pangea terpecah menjadi superkontinensia Laurasia (belahan bumi utara) dan Gondwana (belahan bumi selatan).

Kedua benua ini kemudian dibagi lagi untuk membentuk benua dan cekungan laut modern. India, yang memisahkan diri dari Gondwana ~ 100 juta tahun lalu bertabrakan dengan Asia untuk membentuk pegunungan Himalaya dan dataran tinggi Tibet 50 juta tahun yang lalu. Resolusi data adalah 1 derajat geografis.

Video peta animasi pergerakan lempeng tektonik bumi yang terjadi sejak 540 juta tahun yang lalu ini dibuat menggunakan software ArcGIS Pro, GPlates, Cinema 4D, Redshift, and Adobe After Effects.

Baca Juga : Cek Online Kelayakan Spesifikasi Komputer Untuk Menjalankan ArcGIS Pro/ArcGIS Desktop

Video peta animasi pergerakan lempeng tektonik bumi ini bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran di kelas Geologi untuk menjelaskan asal usul benua dan pergerakan lempeng yang terjadi sejak ratusan juta tahun yang lalu dan hingga sekarang masih terus bergerak.