3D Stereo dan Imagery Resolusi Tinggi dari Satelit Gaofen-7 Terbaru Milik Cina

Cina minggu ini memamerkan citra satelit sub meter dan 3D stereo imagery hasil akuisisi pertama dari satelit terbaru mereka Gaofen-7

CINA PAMERKAN CITRA RESOLUSI TINGGI ​DAN 3D  STEREO IMAGE ​DARI SATELIT GAOFEN-7 YANG MEREKA KEMBANGKAN SENDIRI​

Cina telah meluncurkan satelit pencitraan bumi pada awal November 2019 lalu. Satelit dengan nama Gaofen-7 tersebut merupakan wahana satelit pertama milik Cina yang mampu menghasilkan citra natural color dengan resolusi sub meter (65 centimeter) dan gambar 3D stereo dengan akurasi ketinggian 1.5 meter.

Citra Satelit Natural Color Resolusi Tinggi Gaofen-7 Milik Cina

Dengan Gaofen-7 ini, maka Cina bisa mengurangi ketergantungan pada citra satelit milik asing. Satelit yang dikembangkan oleh teknokrat Cina ini di bawah kendali Pusat Pengamatan dan Data Bumi Administrasi Ruang Angkasa Nasional Cina yang bertujuan memperoleh data akurat untuk memenuhi kebutuhan penggunaan dalam survei, pemetaan, pembangunan perumahan, transportasi, pemetaan dasar, informasi geografis global, pemantauan dan evaluasi konstruksi perkotaan dan pedesaan, dan statistik survei pertanian.

Baca Juga >> Download & Georeferencing Foto Satelit Google Maps Hanya Menggunakan Google Chrome Saja

Citra Satelit Natural Color Resolusi Tinggi Gaofen-7 Milik Cina

Citra satelit yang di pamerkan ke media diantaranya Bandara Ibukota Beijing, Bandara Daxing, Danau Yanqi, Kabupaten Yixian, Anhui, Kota Yangchun, Guangdong, Heze , Shandong dan wilayah lainnya.

Citra Satelit Natural Color Resolusi Tinggi Gaofen-7 Milik Cina

Kemampuan istimewa Satelit Gaofen-7 yang berbeda dengan wahana satelit lainnya adalah kemampuannya untuk menghasilkan 3D Stereo Imagery. Dengan menggunakan kacamata khusus, user bisa melihat visualisasi penampakan 3 dimensi dengan akurasi dan kedetailan tinggi.

3D Stereo Resolusi Tinggi Satelit Gaofen-7 Milik Cina
3D Stereo Resolusi Tinggi Akuisisi Satelit Gaofen-7 Milik Cina
3D Stereo Resolusi Tinggi Satelit Gaofen-7 Milik Cina

Baca Juga >> Cara Menampilkan Peta Google Maps Secara Interaktif ke Dalam Presentasi Powerpoint

Gaofen-7 juga menghasilkan Digital Surface Elevation Model yang mampu merekam ketinggian obyek di permukaan bumi dengan akurasi ketinggian hingga 1.5 meter.

Laman press release citra dan 3 stereo imagery hasil akuisisi pertama dari satelit Geofan-7 milik Cina bisa diakses di URL berikut : http://www.cnsa.gov.cn/n6758823/n6758838/c6808401/content.html.

Dibawah ini video Youtube dari channel SciNews yang memberitakan rilis citra satelit dan 3D stereo imagery dari Geofan-7, serta interview dengan ilmuwan yang mengembangkan satelit terbaru milik Cina ini.