Menampilkan/memasukkan Google StreetView Secara Interaktif ke Dalam Presentasi Powerpoint

Selain bisa menampilkan Peta Google Maps ke dalam presentasi Powerpoint, Anda juga bisa menampilkan Google StreetView secara interaktif. Anda bisa ‘menjelajahi’ StreetView seperti halnya di browser saat ditampilkan dalam bentuk Slide Show di Powerpoint.

google streetview ke dalam powerpoint

Baca Juga : Download & Georeferencing Foto Satelit Google Maps Hanya Menggunakan Google Chrome Saja

Tutorial kali ini masih menggunakan Office 2016 seperti halnya artikel tutorial cara menampilkan Google Maps ke dalam Powerpoint sebelumnya. Anda bisa ikuti artikel sebelumnya untuk panduan step by step menambahkan Add-ins ‘Web Viewer’. Artikel kali ini khusus cara menampilkan StreetView di dalam presentasi Powerpoint setelah Add-ins ‘Web Viewer’ terpasang.

Setelah membuka Google Maps di browser dan mengarahkan pin kuning ke lokasi StreetView yang diinginkan, gunakan fitur ‘Bagikan atau Sematkan Gambar’ untuk menyalin kode HTML.

streetview share embed image

Dari jendela yang muncul, pilih Tab “Sematkan Peta / Embed Map” kemudian klik “Salin HTML / Copy HTML”

streetview copy html code

Salinan kode HTML kemudian di tempelkan ke dalam form Web Viewer di Powerpoint. Hapus pada bagian berikut di awal kode: <iframe src=”https:// dan juga Anda harus hapus bagian berikut di akhir kode : ></iframe> seperti ditunjukkan pada gambar di bawah. Lalu klik Preview.

edit web viewer embed code

Baca Juga : Lebih Mudah Download Images Google Maps Resolusi Tinggi di ArcGIS 10

Google StreetView kini tampil di dalam slide Powerpoint. Tekan F5 untuk menampilkannya dalam mode Slide Show, dan Anda tetap bisa ‘menjelajahi’ StreetView dalam mode Slide Show ini.

streetview di dalam powerpoint

Itulah cara menampilkan Google StreetView yang bisa di zoom/pan dan dijelajahi secara interaktif ke dalam presentasi Powerpoint menggunakan Add-ins Web Viewer yang tersedia Office Add-ins Store.