Kursus GIS Online Gratis: Spatial Data Science

Mengawali tahun 2020, ESRI menawarkan kursus GIS online secara gratis dengan tema “Spatial Data Science : The New Frontier in Analytics”

Spatial Data Science : The New Frontier In Analytics

GEOTEKNO.COM – Dengan spatial data science, seorang analis dimungkinkan untuk bisa menggali wawasan lebih dalam menggunakan metode analisa dan algoritma spasial yang komprehensif. Termasuk juga diantara metode yang bisa digunakan adalah deep learning dan machine learning.

Kursus yang ESRI adakan secara online ini akan mengeksplorasi aplikasi spatial data science untuk mengungkap pola spasial yang tersembunyi dan meningkatkan pemodelan prediktif. Peserta kursus akan ditunjukkan cara bekerja dengan tool analitik yang powerful yang terdapat pada software ArcGIS Pro. Peserta kursus ini juga akan belajar bagaimana mengintegrasikan paket data terbuka dan bebas akses yang populer digunakan untuk analisa spasial.

Tujuan dari kursus GIS online ini, peserta dapat memahami bagaimana spatial data science bisa membantu mengungkap pola spasial yang tersembunyi. Selain itu, setelah mengikuti kursus ini peserta bisa menggunakan ArcGIS untuk metode rekayasa data serta menyiapkan data untuk analisa spasial.

Dengan mengikuti kursus ini, peserta akan mendapatkan pengalaman langsung melakukan analisis kesesuaian, pemodelan prediktif, penggalian pola ruang dan waktu serta deteksi objek dengan metode deep learning dan machine learning. Visualisasi hasil analisis akan ditampilkan ArcGIS StoryMaps yang menarik.

Bagaimana dengan kualifikasi peserta jika tertarik untuk mengikuti kursus GIS Online bertema “Spatial Data Science : The New Frontier In Analytics” ini? Peserta diharapkan sudah familiar dengan statistik dan Python walaupun bukan menjadi syarat utama untuk dapat mengikuti kursus ini.

Baca Juga >> Video Tutorial Membuat Peta Animasi Di ArcGIS Pro

Software > ArcGIS Pro, ArcGIS Online, dan ArcGIS Notebooks

Selama kursus berlangsung, Esri disebutkan akan menyediakan akses kepada peserta untuk menggunakan ArcGIS Pro, ArcGIS Online, dan ArcGIS Notebooks. Apakah peserta akan diberi akses dalam bentuk Desktop as a Service (DaaS) seperti ArcGIS Pro yang di install di cloud ini? Atau peserta sudah harus terinstall ArcGIS Pro di komputer atau laptopnya sendiri, ini yang masih harus di konfirmasikan terlebih dahulu.

Namun ESRI juga mensyaratkan Komputer atau laptop yang peserta gunakan, harus sesuai dengan spesifikasi yang disarankan. Anda bisa ikuti link dibawah untuk memastikan komputer atau laptop yang akan digunakan untuk mengikuti kursus ini sudah sesuai dengan yang direkomendasikan untuk menggunakan ArcGIS Pro.

Baca >> Cek Online Kelayakan Komputer Menjalankan ArcGIS Pro

Peserta kursus juga diharapkan memiliki koneksi Internet broadband dan web browser yang bisa mengakses file PDF dan file video. Web browser yang direkomendasikan adalah Google Chrome, Firefox Mozilla atau Microsoft Edge.

Kursus gratis online yang ESRI adakan ini akan berlangsung selama 6 minggu dengan durasi waktu belajar 2-3 jam per minggu. Pelaksanaannya akan dimulai pada 26 Februari dan dijadwalkan selesai pada 9 April 2020.

Kursus GIS gratis yang diadakan secara online dan terbuka untuk umum ini (massive open online course -MOOC) pendaftarannya sudah dibuka dan akan ditutup pada 12 Maret 2020. Untuk mendaftar kursus GIS online gratis ini, Anda harus memiliki akun ESRI. Jika belum, Anda bisa sign up dan mendaftar kursus dengan mengikuti link di bawah ini.

Register ESRI Academy >> Spatial Data Science : The New Frontier In Analytics