Sembunyikan Lokasi Saya dengan Mode Incognito di Google Maps

Inilah cara agar lokasi saya tidak terlacak oleh orang lain dengan memanfaatkan mode incognito di google maps

Geotekno.com – GPS di smartphone kamu pasti sedang aktif saat ini, bagaimana tidak? Kan untuk pesan ojek online atau pesan makanan lewat ojek online, maka GPS harus diaktifkan. Dengan GPS tetap aktif, maka kamu pun bisa mengetahui lokasi saya saat ini ada dimana dan juga bisa ‘merekam’ perjalanan atau perpindahan lokasi harian di Google Maps Timeline. Ada manfaatnya juga lho, perjalanan kita terekam oleh Google.

Google pun memanfaatkan data perjalanan atau perpindahan lokasi saya, lokasi kamu dan lokasi setiap user yang mengaktifkan GPS di smartphone-nya untuk diantaranya memberikan informasi tingkat kepadatan lalu lintas, lancar atau macet, atau untuk mengetahui trend suatu lokasi pada waktu tertentu, misalnya informasi Trend Liburan 2019 versi Google Maps yang dirilis minggu lalu.

Namun ada kalanya, kita tetap membutuhkan Google Maps untuk navigasi perjalanan, tetapi tidak ingin lokasi atau perjalanan kita terlacak dan terekam orang lain, bahkan oleh Google sekalipun. Dengan kata lain, kita bisa gunakan Google Maps tanpa orang lain mengetahui ke mana kita pergi, yang mungkin dapat berguna jika kamu ingin belanja kado kejutan ulang tahun untuk seseorang atau merencanakan pertemuan kejutan bersama seseorang. Atau kamu memang sedang ada alasan kuat agar ‘lokasi saya‘ tidak ditemukan untuk sementara waktu.

Hal ini juga menjadi tuntutan publik yang menginginkan privasi digital-nya terjaga dan tidak diketahui oleh orang lain. Untuk itu Google telah meluncurkan Mode Incognito di Google Maps yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan navigasi perjalanan secara online namun tidak terekam atau terdeteksi meskipun perangkat smartphone yang digunakan dalam mode berbagi perangkat atau berbagi lokasi dengan orang yang disayangi.

Baca Juga : Gara-gara Google Maps (meme Lucu Google Maps)

Dengan Mode Incognito di Google Maps ini, pengguna perangkat smartphone punya kendali atas privasi digital mereka sendiri. “Lokasi saya adalah privasi saya, saya berhak untuk menyembunyikannya dari orang lain dan juga dari Google“. Kira-kira begitulah tuntutan publik pada Google. Mode Incognito inipun bisa di aktifkan atau di non aktifkan (ON/OFF) sesuai keinginan pengguna.

Mode Incognito di Google Maps ini sudah tersedia pada update terbaru pengguna Android. Namun untuk pengguna Google Maps di iPhone belum bisa dipastikan, apakah sudah tersedia atau belum karena Google belum mempublikasikannya dan saya juga tidak punya iPhone 🙁 Berikut di bawah ini, video singkat cara mengaktifkan atau menon-aktikan (ON/OFF) Mode Incognito di Google Maps perangkat Android.

Aktif/Non Aktif (ON/OFF) Mode Incognito di Google Maps

  1. Buka Aplikasi Google Maps
  2. Di pojok kanan atas, tap ikon gambar profile kamu.
  3. Dibawah alamat email, tap Turn on Incognito Mode / Aktifkan Mode Samaran. Aplikasi Google Maps akan restart dan berubah ke Mode Incognito.
  4. Untuk me-non aktifkan Mode Incognito, ikuti cara yang sama seperti diatas dan pilih Turn off Incognito Mode.
mode incognito google maps

Apa yang Terjadi Saat Mode Incognito di Google Maps Sedang Aktif?

Catatan, saat kamu mengaktifkan mode Incognito di Google Maps, maka hal tersebut tidak mempengaruhi informasi yang kamu gunakan atau yang disimpan oleh penyedia internet, aplikasi lain di smartphone, voice search dan layanan Google lainnya. Jadi mode ini khusus untuk menyembunyikan “Lokasi Saya” dari orang lain dan Google Timeline. Berikut beberapa hal yang tidak terekam saat Mode Incognito diaktifkan :

  • Riwayat Perjalanan
  • Suggested location atau rekomendasi lokasi yang telah dipersonalisasi
  • Riwayat Lokasi untuk seluruh perangkat
  • Berbagi Lokasi
  • Notifikasi dan Pesan lainnya
  • Riwayat pencarian lokasi di Google Maps
  • Saran penyelesaian pencarian
  • Kontribusi Google Maps
  • Navigasi Google Assistant
  • Peta Offline
  • Lokasi saya
  • Integrasi media yang telah dihubungkan sebelumnya (pemutaran musik seperti Spotify dan Apple Music)

Sesekali kamu memang perlu sembunyi untuk sendiri, tidak terlacak oleh teman, rekan bisnis, saudara atau orang yang disayangi untuk alasan tertentu. Di era serba digital ini, kamu juga butuh privasi digital, seolah ingin berkata “Lokasi Saya tidak ingin ditemukan“. Mode Incognito di Google Maps setidaknya bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan tersebut.

Baca Juga : Menampilkan Peta Google Maps Secara Interaktif ke Dalam Presentasi Powerpoint