Video Tutorial Membuat Peta Animasi Di ArcGIS Pro

Berikut 6 video singkat tutorial cara membuat peta animasi di ArcGIS Pro untuk visualisasi 2D atau 3D.

Animasi di ArcGIS Pro memungkinkan user untuk membuat peta yang mengandung cerita dalam tampilan 2D dan atau 3D. Peta animasi tersebut kemudian bisa di konversi ke format video Youtube, Instragram atau Twitter. Contohnya Peta Animasi Pergerakan Lempeng Tektonik Bumi yang Geotekno.com posting kemarin.

Animasi dibangun dengan menentukan terlebih dahulu sekumpulan keyframe, atau titik arah. Keyframe ini untuk menentukan arah gerakan animasi. Keyframe ini juga menentukan sudut pandang, visibilitas, rentang waktu, dan batasan visualisasi peta yang ingin ditampilkan sesuai kebutuhan user.

Baca juga >> E-Book Gratis : Mapping With Style Using ArcGIS Pro

Video tutorial pertama cara membuat peta animasi di ArcGIS Pro akan menunjukkan bagaimana menambahkan animasi pada 3D map, kemudian mengenal pilihan video resolusi serta membuat keyframe, durasi, penyesuaian serta preview sebelum di eksport ke format video yang bisa di share me media sosial.

Video kedua tutorial cara membuat peta animasi di ArcGIS Pro ingin menunjukkan penggunaan visibilitas layer dan pengaturan transparansi dari keyframe yang telah ditentukan sebelumnya. Anda bisa gunakan efek ini untuk membandingkan peta time series dalam bentuk before-after.

Anda juga bisa memanfaatkan bookmarks di ArcGIS Pro untuk membuat peta animasi dengan cara mengkonversi bookmarks tersebut menjadi keyframe.

Video tutorial cara membuat peta animasi di ArcGIS Pro selanjutnya adalah bagaimana menambahkan gambar dan teks. Anda bisa menambahkan teks sebagai judul, deskripsi atau watermarks. Gambar juga bisa ditambahkan yang overlap dengan peta animasi.

Baca Juga >> Cek Online, Kelayakan Spesifikasi Komputer Untuk Menjalankan ArcGIS Pro/ArcGIS Desktop

Dalam video tutorial di bawah ini, Anda akan ditunjukkan bagaimana membuat animasi bayangan dari suatu bangunan secara realistis. Contoh dalam video dibawah ini adalah animasi bayangan suatu bangunan yang sedang dibangun dari waktu ke waktu.

Terakhir video tutorial cara membuat peta animasi di ArcGIS Pro dengan memanfaatkan fitur garis untuk membuat jalur animasi. Misalnya arah gerakan pesawat terbang dari satu kota ke kota lainnya. User akan di tunjukkan bagaimana cara membuat polyline dan cara mengeditnya sesuai keinginan dan menentukan urutan gerakan animasi.

Itulah 6 video tutorial membuat peta animasi di ArcGIS Pro yang sengaja dibuat oleh tim dari ESRI sebagai panduan bagi pengguna ArcGIS Pro memanfaatkan fitur Animation untuk mendapatkan peta animasi yang memudahkan penggunanya memahami cerita dari suatu peta. Playlist video – video diatas juga bisa di tonton melalui Youtube Channel ArcGIS.