Inilah Lokasi Terbaik Melihat Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019

Dimanakah lokasi terbaik melihat Gerhana Matahari Cincin di Indonesia pada 26 Desember 2019?

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengkonfirmasikan melalui akun Youtube resmi-nya bahwa fenomena alam Gerhana Matahari Cincin (GMC) akan terjadi pada 26 Desember 2019. Dimanakah lokasi terbaik di Indonesia untuk menyaksikan dan melihat fenomena alam yang berlangsung singkat ini? LAPAN punya jawaban yang meyakinkan soal ini.

lokasi terbaik melihat Gerhana Matahari Cincin

Disebut dengan Gerhana Matahari Cincin, karena Matahari nampak seperti cincin saja saat piringan Bulan tidak 100% menutupi piringan Matahari. Hal ini terjadi pada saat Bulan berada pada fase Bulan baru.

Sebelumnya fenomena alam Gerhana Matahari Cincin terjadi pada 26 Februari 2017. Umumnya Gerhana Matahari Cincin terjadi antara 1 sampai 2 tahun sekali.

Berikut beberapa lokasi di Indonesia yang mendapatkan durasi paling lama untuk bisa melihat dan menikmati fenomena Gerhana Matahari Cincin.

Wilayah Sumatera, meliputi Sibolga, Padang Sidampuan, Siak, Duri, Pulang Pedang, Pulau Bengkalis, Pulau Tebing Tinggi, Pulau Rangsang, Batam dan Tanjung Pinang. Sementara wilayah Kalimantan meliputi Singkawang, Makulit, Tanjung Selor, dan Berau.

Baca Juga : Cara Melihat Foto Lama Google Street View

Lokasi lain seperti Jakarta juga bisa melihat Gerhana Matahari Cincin pada 26 Desember 2019 mulai pukul 10.42 WIB namun hanya gerhana sebagian saja. Selain Jakarta, kota lain yang bisa melihat Gerhana Matahari Cincin sebagian adalah Surabaya, Makasar, Manado, Kupang, Ambon, dan Jayapura.

Berikut infografis dari situs gerhana.langitselatan.com yang menunjukkan Kota-kota yang bisa menikmati Gerhana Matahari Cincin serta waktu terjadinya gerhana tersebut.

infografis Gerhana Matahari Cincin Indonesia 26 Desember 2019

Menurut LAPAN, lokasi terbaik untuk melihat fenomena ini adalah di Siak, Riau. Fenomena Gerhana Matahari Cincin di Siak bisa dilihat dengan durasi terlama diantara lokasi lainnya di Indonesia, yakni selama 3 menit 40 detik.

Download ebook : Koleksi Penelitian Aplikasi Citra Satelit Resolusi Sangat Tinggi

Fenomena Gerhana Matahari Cincin berikutnya akan terjadi pada 21 Juni 2020, 10 Juni 2021, 14 Oktober 2023, dan 2 Oktober 2024, demikian menurut data LAPAN . Tetapi sayangnya, Gerhana Matahari Cincin berikutnya setelah 26 Desember 2019 tidak bisa dilihat dari wilayah Indonesia.

Jadi jangan sia-siakan kesempatan menyaksikan fenomena langka Gerhana Matahari Cincin di wilayah Indonesia pada 26 Desember 2019.