Konversi ArcMap Project to QGIS Project ( MXD to QGS )

Kini Anda bisa melakukan konversi dari ArcMap Project ke QGIS Project atau konversi MXD to QGS menggunakan plugin khusus di QGIS.

Dengan semakin populernya software GIS tanpa berbayar Quantum GIS atau biasa disebut QGIS, semakin banyak pula organisasi yang mulai mengalihkan pengolahan data dan analisa spasial menggunakan perangkat lunak open source ini.

Popularitas QGIS dibarengi dengan semakin banyaknya pengembang membuat plugin khusus untuk QGIS, yang membuat software GIS open source paling populer ini mampu melakukan pengolahan data dan analisa spasial sebaik software berbayar paling populer keluaran ESRI, yakni ArcGIS-ArcMap.

Salah satu kebutuhan pengguna QGIS adalah melakukan migrasi project-project yang pernah di buat menggunakan ArcMap untuk di tampilkan di QGIS tanpa harus mengatur ulang pewarnaan dan simbolisasi.

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, perusahaan yang melayani layanan pengolahan data geospasial di Australia merilis plugin SLYR untuk QGIS yang memiliki kemampuan untuk melakukan hal-hal berikut :

• Symbology Conversion
o Translation of ESRI gradient fill symbols
o Marker fill symbology
o Picture symbols
o Line decorations
o Fill outline properties
o Out of Scope

• Vector LYR file conversion
o Reverse engineering of LYR file format
o Set Style from LYR File
o LYR to QLR
o LYR to QGIS Style XML
o Direct Opening of Vector LYR Files
o Out of scope

• Raster LYR File Conversion

• MXD Conversion
o Add Layers from MXD
o Extract Print Layouts from MXD
o Convert MXD to QGS
o MXD Integration into QGIS application

Sayangnya plugin SLYR ini tidak tersedia gratis seperti halnya sofware QGIS. Plugin ini di banderol €1000 untuk pengguna non-Australian.
Selengkapnya silahkan kunjungi situs North-Road.com

Tags: