Kursus Online Gratis Untuk Meningkatkan Kemampuan Spatial Analysis

Anda ingin meningkatkan ketajaman analisa spasial? Ikuti e-Course selama 6 minggu ini untuk mendapatkan akses gratis pembelajaran Spatial Analysis menggunakan ArcGIS Online.

Spatial Analysis using ArcGIS Online

Geotekno.com – ESRI menyediakan kursus online gratis untuk mengeksplorasi kemampuan ArcGIS Online dalam melakukan Spatial Analysis yang biasanya lebih sering kita lakukan secara offline di ArcGIS Desktop.

Kursus online menggunakan ArcGIS Online yang disediakan secara gratis akan berlangsung selama 6 minggu hingga 21 Maret 2019 mendatang. Anda cukup menyediakan waktu 2-3 jam per minggu untuk mempelajarinya.

Kursus gratis belajar Spatial Analysis dengan ArcGIS Online selama 6 minggu

Berikut 6 materi yang bisa dipelajari di kursus gratis dengan tema “Going Places with Spatial Analysis” ini.

Section 1
Geography Matters
Anda akan dikenalkan dengan spatial analysis dan juga ditunjukkan berbagai cara bagaimana berpikir tentang lokasi bisa mempengaruhi kehidupan kita. Anda akan melakukan identifkasi menggunakan tool dan mengeksplorasi data spatial serta menjawab pertanyaan dari beberpa kasus.

Section 2
Understanding and Comparing Places
Membandingkan antara satu lokasi dengan lokasi lainnya yang menampung perbedaan tipikal secara fisik dan budaya serta populasinya. Sebuah lokasi bisa dijelaskan dan dirangkum dalam suatu attribut dan bisa dibandingkan satu dengan yang lainnya.

Section 3
Determining How Places are Related
Pada section ini Anda akan belajar bagaimana data spatial mempengaruhi cara Anda memahami suatu lokasi. Menentukan skala yang tepat dan melakukan kombinasi dataset yang tepat bisa membantu untuk menemukan relasi antara satu lokasi dengan lainnya.

Section 4
Finding the Best Locations and Paths
Topologi mendefinisikan relasi antara fitur dan spasial. Melakukan query antar relasi ini dengan attribute yang spesifik bisa membantu untuk menemukan lokasi yang optimal untuk misalnya penentuan rute paling efektif, lokasi toko terbaik atau menentukan lokasi kegiatan paling dekat dengan calon pengunjung.

Section 5
Detecting and Quantifying Patterns
Section 5 ini akan ditunjukkan pola distribusi dari suatu fenomena spasial yang bisa dimanfaatkan untuk memandu menentukan kebijakan yang mendorong pada keputusan yang positif dan mencegah yang negatif.

Section 6
Making Predictions
Anda akan dibantu membuat Model yang mampu memprediksi situasi pada suatu lokasi dimana data pada lokasi tersebut tidak tersedia dan membantu memahaminya serta menjelaskan penyebab pola tersebut.

Detecting and Quantifying Patterns using ArcGIS Online

Kursus online gratis untuk meningkatkan kemampuan Spatial Analysis menggunakan ArcGIS Online ini pendaftarannya dibuka hingga 21 Februari 2019. Jika Anda tertarik untuk mengikutinya, silahkan kunjungi link dibawah ini. Anda harus memiliki akun ESRI untuk mengikuti kursus ini atau sign-up terlebih dahulu jika belum memilikinya.

https://www.esri.com/training/catalog/57660f19bb54adb30c9454b0/going-places-with-spatial-analysis/