Google Earth Pro Movie Maker

GeoTekno.com – Awal Bulan Februari 2015,  Google Earth Pro yang biasa digunakan untuk keperluan profesional, seperti riset ilmiah hingga bisnis.  tersedia gratis untuk di download. Cukup dengan memasukkan kode lisensi GEPFREE, maka produk premium yang sebelumnya harus ditebus seharga Rp. 5 Juta tersebut, kini bebas dimanfaatkan untuk siapa saja, termasuk fitur-fitur unggulannya yang tidak tersedia di Google Earth versi gratis.

Google Earth Pro Movie Maker

Salah satu fitur unggulan di Google Earth Pro adalah tool ‘Movie Maker’ yang pertama kali dikenalkan pada tahun 2006. Tool ini sangat mudah digunakan. Pengguna bisa memulainya dengan membuka Movie Maker dialog box, buat pengaturan sesuai keinginan,  seperti pengaturan format video, resolusi serta nama file video yang diinginkan.

Selanjutnya tinggal klik ‘Create Movie’. Pengguna juga diberi opsi untuk merekam gerakan pointer mouse dan menyimpan tour saat pengguna ‘terbang’ di atas permukaan tanah secara digital menggunakan Google Earth.

Berikut contoh video tour ‘melayang’ secara digital yang di rekam menggunakan fitur Movie Maker di Google Earth Pro. Sangat mudah untuk melakukan hal tersebut. Pengguna juga diberi kemudahan untuk mengunggahnya ke Youtube.

Catatan khusus untuk video yang dihasilkan dari Google Earth Pro Movie Maker, video tersebut hanya diperkenankan untuk kepentingan personal. Untuk penggunaan secara umum dan bisnis, harus mendapatkan ijin dari Google, termasuk untuk di siarkan di televisi atau film. Namun pengguna masih bisa mengunggahnya ke Youtube, namun tidak diperkenankan untuk di monetasi dengan iklan. [via gearthblog]