Menambahkan Mapbox Map Style Sebagai Basemaps di ArcGIS dan QGIS

Geotekno.com – ArcGIS dan QGIS menyediakan beberapa pilihan basemaps yang bisa di manfaatkan untuk mempercantik tampilan peta. Ada cukup banyak pilihan basemap yang disediakan, mulai dengan basemap citra satelit, Peta Jalan, Peta Topografi, Peta Shaded Relief (Bentuk Medan) dan lainnya. Apakah kita bisa menambahkan basemaps dari sumber lain di ArcGIS atau QGIS?

Mapbox map style basemaps for arcgis qgis

Ternyata Anda juga bisa menambahkan basemaps dari sumber lain di ArcGIS dan QGIS seperti misalnya dari Mapbox yang memiliki Map Style dengan beberapa pilihan style sangat menarik sebagai background map di layout peta yang akan Anda buat. Memanfaatkan Map Style dari Mapbox untuk sumber basemaps bisa ditambahkan ke dalam ArcGIS (ArcMap, ArcGIS Pro maupun ArcGIS Online) dan QGIS sebagai Web Map Tile Service (WMTS).

Baca Juga >> Mapping With Style Using ArcGIS Pro

Cara Memilih Mapbox Map Style dan Mengambil URL WMTS

Untuk bisa menambahkan basemaps Mapbox Map Style di ArcGIS dan QGIS, Anda harus memiliki akun di Mapbox.com terlebih dahulu. Jika kamu sudah memiliki akun Mapbox, kunjungi laman Mapbox Gallery untuk melihat dan memilih Map Style yang akan dijadikan basemaps di ArcGIS dan QGIS. Berikut tahapan awal di dalam Mapbox Studio :

  1. Di laman Mapbox Studio, pilih ‘Find inspiration in the style gallery‘. Anda akan diarahkan ke Mapbox Gallery, lalu pilih salah satu Map Style yang Anda inginkan sebagai basemaps di ArcGIS dan QGIS.
mapbox map style decimal

2. Dari Map Style yang terpilih, klik Add to your account untuk menambahkan style tersebut ke dalam Mapbox Studio.

mapbox map style add

3. Di dalam Mapbox Studio, klik Share untuk mengambil URL WMTS.

mapbox map style share

4. Ikuti pengaturan seperti ditunjukkan pada gambar di bawah ini. Pada Developer resources, klik Third Party, lalu pilih WMTS pada dropdown di bawahnya. Klik Icon Copy pada Integration URL.

mapbox map style url wmts

Baca juga >> Cara Mudah Download Images Google Maps Resolusi Tinggi Di ArcGIS

Cara Menambahkan Mapbox Map Style di ArcMap

1. Di ArcMap, buka Catalog dan arahkan ke GIS Server

catalog arcmap

2. Double-click pada Add WMTS Server

add wmts server

3. Dari jendela Add WTMS Server yang terbuka, paste style URL yang telah di copy dari Mapbox Studio, lalu klik OK.

ArcMap Add WMTS URL

4. Anda akan temukan GIS Servers di Catalog ArcMap, muncul basemap Mapbox on api.mapbox.com dan dibawahnya nama style dari Mapbox.

mapbox-map-style-arcmap-wmts-style

5. Drag nama style dari Mapbox tersebut ke dalam data frame ArcMap.- via

drag wmts to frame arcmap

Cara Menambahkan Mapbox Map Style Di ArGIS Pro

1. Di ArcGIS Pro, klik tab View, pilih Catalog View untuk mengaktifkan tab Catalog.

arcgis pro catalog view

2. Di tab Catalog, klik New > New WMTS Server.

arcgis pro new wmts server

3. Dari jendela Add WTMS Server Connection yang terbuka, paste style URL yang telah di copy dari Mapbox Studio, lalu klik OK.

arcgis pro paste url wmts

4. Anda akan temukan Map Style Mapbox pada panel Catalog. Arahkan di Servers > Mapbox on api.mapbox.com.wmts > Mapbox > Nama Style Mapbox. Drag nama style dari Mapbox tersebut ke dalam Map View pada panel Contents. – via

arcgis pro with mapbox map style

Cara Menambahkan Mapbox Map Style Di ArGIS Online

1. Login ke ArcGIS Online, arahkan ke My Map. Klik Add, lalu pilih Add Layer from Web

arcgis online add

2. Pada jendela Add Layer from Web yang terbuka, pertanyaan ‘What types of data are you referencing?’ pilih A WMTS OGC Web Service. Lalu paste URL dari Mapbox di form URL, kemudian klik GET LAYERS serta centang ‘Use as Basemap‘ dan terakhir klik tombol ADD LAYER.

arcgis online add wmts url

4. Mapbox Style pilihan Anda akan langsung muncul sebagai basemap di ArcGIS Online. – via

mapbox-map-style-arcgis online-layer

Cara Menambahkan Mapbox Map Style Di QGIS

1. Di QGIS, klik menu Layer > Add Layer > Add WMS/WMTS Layer untuk mengaktifkan jendela Data Source Manager | WMS/WMTS.

qgis add layer wmts

2. Di jendela Data Source Manager | WMS/WMTS tersebut terdapat tab Layers | Layer Order | Tilesets | Server Search. Pastikan Anda sedang berada pada tab Layers, lalu klik New. Jendela Create a New WMS/WMTS Connection akan terbuka.

qgis new wmts layer

3. Dari jendela Create a New WMS/WMTS Connection yang terbuka tersebut, isi Nama Mapbox Style dan paste style URL yang telah di copy dari Mapbox Studio, lalu klik OK.

qgis new wmts connection

5. Anda akan temukan Map Style Mapbox pada tab Tilesets. Pilih style tersebut, lalu klik Add untuk menampilkan Mapbox Style ke dalam panel Layers di QGIS.Tutup jendela Data Source Manager.

qgis tilesets

6. Mapbox Map Style terpilih kini tersedia di Map View QGIS.

mapbox map style di qgis

Baca Juga >> ArcGIS Vs QGIS : Membuat Profil Melintang

Selain kaidah kartografi yang harus dipertahankan dalam sebuah peta, Anda bisa mempercantik peta yang sedang Anda layout dengan menambahkan basemaps atau latar belakang peta dengan beberapa pilihan style menarik yang tersedia di Mapbox Map Style. Cara menambahkan style dari Mapbox Map Style sebagai basemaps di ArcGIS dan QGIS ini semoga bisa menjadi inspirasi Anda.