Survei Membuktikan : Fitur yang Paling Penting di Software Remote Sensing Adalah?

Teknologi remote sensing, terutama teknologi perangkat lunak pengolahan data citra satelit (software remote sensing) telah mengalami kemajuan pesat dan menjadi salah satu alat yang sering digunakan untuk melakukan analisa spasial, monitoring spasial , management spasial serta evaluasi spasial.

Erdas Imagine
Fatwa Ramdani telah melakukan survey secara online kepada responder pengguna software remote sensing pada Juli hingga Agustus 2011. Survey tersebut mengerucut pada pertanyaan, fitur apa yang paling penting atau harus ada pada software remote sensing?

Hasil survey ini, seperti dituliskan oleh Fatwa, bukan lah hasil analisa akhir layaknya sebuah survey, tapi hanya membagikan informasi yang diperoleh berdasarkan (1) Responder background, (2) Data preparation, (3) Data processing, and (4) Data post-processing.

Menurut responder, fitur penting yang harus ada dalam sebuah software remote sensing berdasarkan pembagian diatas adalah georeferencing, visualization & projection management (Data Preparation). Lalu untuk Data Processing, fitur Image classification, management of classified image, spatial multi-criteria analysis menjadi tool paling penting dari sebuah software remote sensing. Terakhir, Data Post-Processing, fiturExport Data to Most Popular Format serta Cartographic Layout Composition menjadi hal penting dan harus ada di sebuah software remote sensing.

primary-software
Saya sendiri tertarik pada jawaban dari pertanyaan, software remote sensing apa yang responder gunakan untuk melakukan pengolahan data citra satelit. Ternyata, ERDAS Imagine dan ENVI menjadi software remote sensing berbayar yang paling popular di gunakan. Sementara software remote sensing open source yang popular adalah ILWIS dan GRASS. Namun ada fakta menarik, bahwa ternyata sebagian besar responder menggunakan lebih dari satu software remote sensing saat melakukan pengolahan citra satelit, terutama Data Post-Processing.

Selengkapnya tentang survey “What is the most important remote sensing software tools?” bisa mengunjungi blog Fatwa di LINK INI.