Selain Google Earth, Inilah 4 Online Tool Lain Yang Memiliki Fitur Historical Imagery

Fitur Historical Imagery Online bukan hanya monopoli Google Earth. Setidaknya ada 4 online tool lain yang juga memiliki fitur serupa, satu diantaranya adalah tool milik ESRI.

download citra berdasarkan historical imagery
contoh penggunaan historical imagery di Google Earth

Fitur Historical Imagery memudahkan pengguna untuk melihat citra satelit rekaman terbaru dengan citra satelit rekaman beberapa waktu ke belakang, bisa bilangan bulan atau tahun, sehingga pengguna bisa membandingkan satu atau lebih citra satelit untuk berbagai kebutuhan dan analisa spasial yang bersifat time series atau temporal.

Berikut di bawah ini, 4 online tool selain yang telah lebih dulu populer, yakni Google Earth, yang juga memiliki fitur historical imagery, dimana pengguna bisa manfaatkan untuk membandingkan dua atau lebih waktu rekaman citra satelit yang berbeda tanggal perekamannya.

Baca juga : Video Cara Download Citra Satelit Google Earth Berdasarkan Historical Imagery

1. Wayback Living Atlas dari ESRI

ESRI memiliki tool dengan fitur historical imagery yang diberi nama Wayback Living Atlas. Sesuai namanya, selain koleksi citra satelit dari berbagai tanggal rekaman yang berbeda, tool dari ESRI ini juga mengumpulkan informasi geografis yang berdampak pada kehidupan manusia sehari-hari. Sebagai contoh informasi cuaca, lalu lintas, ketinggian, demografi, lautan dan sistem perkotaan.

Tampilan antar muka ESRI Wayback Living Atlas

Esri Wayback Living Atlas memungkinkan pengguna menelusuri historis citra beberapa waktu kebelakang. Meski merupakan tool yang masih baru, namun koleksi citra satelit yang ditampilkan terus ditambahkan dan dilengkapi secara reguler.

2. Planet Explorer dari Planet Labs

Planet Labs dengan konstelasi lebih dari 175 mikro satelit di orbit angkasa milik mereka sendiri, telah menyediakan online tool dengan nama Planet Explorer dimana pengguna bisa membandingkan citra satelit dengan tanggal rekaman berbeda untuk kebutuhan analisa spasial.

Planet Explorer dari Planet Labs

Layanan ‘freemium’ dari Planet Explorer ini, selain secara visual pengguna bisa membandingkan dua rekaman tanggal citra satelit yang berbeda, pengguna juga bisa membuat ‘cerita’ mereka sendiri menggunakan tool Planet Stories.

3. Nasa Worldview

NASA Worldview memiliki 600 layer citra satelit full-resolution secara global. Meskipun bukan resolusi citra terbaik jika dibandingkan dengan dua tool online sebelumnya, namun tool ini selalu melakukan update citra satelit setidaknya setiap 3 jam.

NASA Worldview

Berbeda juga dengan dua tool online yang disebutkan sebelumnya yang sebagian besar ditampilkan bersih dari awan, tool historical imagery dari Worldview ini menampilkan citra satelit ‘apa adanya’ sesuai yang terlihat dari angkasa pada saat citra tersebut direkam.

4. USGS Landlook

Jika Anda ingin menggali lebih dalam sejarah rekaman citra satelit, maka koleksi raksasa yang memiliki setidaknya 7 juta foto satelit dari USGS ini, bisa Anda manfaatkan dengan bantuan tool USGS Earth Explorer.

Namun jika Anda hendak membandingkan citra satelit yang dikoleksi oleh server USGS secara time-series dengan cepat, misalnya koleksi citra satelit Sentinel-2 dan citra Landsat, maka USGS Land Look adalah tool yang Anda butuhkan.

tampilan antar muka USGS Landlook

Dengan USGS Land Look pengguna bisa melakukan filter berdasarkan waktu, tutupan awan atau sensornya. Selanjutnya pengguna juga bisa memutar citra yang dipilih dalam bentuk video, untuk kemudian citra satelit tersebut bisa di eksport ke format PNG, GeoTIFF atau JPG.

Itulah 4 online tool selain Google Earth yang memiliki fitur historical imagery untuk membandingkan citra satelit dengan tanggal rekaman berbeda. Apakah Anda sudah pernah mencoba seluruh tool tersebut?