Mengenal ArcGIS Indoors, Sistem Pemetaan Dalam Ruangan Tertutup Terbaru dari ESRI

ArcGIS Indoors adalah sistem pemetaan lengkap yang memungkinkan Anda untuk mengoperasionalkan data proyek yang tidak terhubung, melakukan navigasi pada lingkungan buatan yang kompleks, melacak perangkat di dalam ruangan, mengevaluasi alokasi ruang dalam ruangan tertutup, dan mendeteksi serta merespons peristiwa secara real-time.

Geotekno.com– ESRI menyebut ArcGIS Indoors sebagai sistem pemetaan di dalam ruangan (indoor) lengkap yang akan menawarkan platform lokasi sadar lantai yang menyediakan peta, data, dan info lokasi untuk ruang dalam ruangan. ArcGIS Indoors yang saat ini belum resmi dirilis ditargetkan untuk bisa di manfaatkan untuk digunakan di ruangan fasilitas sosial / fasilitas umum, lokasi ritel dan komersial, bandara, rumah sakit, tempat acara dan kampus/sekolah.

Kemampuan ArcGIS Indoors untuk menganalisis, mencari, menavigasi, dan berkolaborasi dan berbagi informasi dalam ruangan sangat membantu untuk manajemen gedung atau fasilitas indoor lainnya.

Untuk menggunakan ArcGIS Indoors untuk penentuan posisi dan arah penentuan rute secara real time di dalam gedung, maka gedung tersebut berada harus dilengkapi dengan teknologi lokasi yang menghubungkan ke ponsel atau tablet tempat aplikasi ini berjalan. Teknologi lokasi bukan bagian dari sistem ArcGIS Indoors, tetapi diperlukan agar bisa berfungsi. ESRI menyatakan bahwa mereka telah menggunakan teknologi lokasi Apple untuk versi prototipe sistem.

Aplikasi seluler ArcGIS Indoors juga menjadi bagian penting dari sistem. Aplikasi ini menggunakan paket peta seluler yang di hosting di ArcGIS Online. Paket peta berisi semua info lokasi dalam ruangan yang relevan dengan bangunan, seperti data CAD / BIM, tempat-tempat menarik, landmark, jaringan transportasi, dan lainya.

Baca juga :Cara Download Kontur dari Google Earth

Video Demo ArcGIS Indoors

Saat ini tidak ada cara cepat untuk menghasilkan model informasi lokasi dalam ruangan. Video demo ArcGIS Indoors di bawah ini akan memberi Anda gambaran besar tentang apa yang diperlukan terkait data /informasi dalam ruangan dan membuat semuanya bisa menghasilkan sistem pemetaan di dalam ruangan (indoor) lengkap :