Membuat Peta Interaktif yang Mobile-Friendly dengan Leaflet JS

Geotekno.com – Leaflet adalah open-source JavaScript library untuk membuat peta interaktif online yang mobile-friendly. Leaflet dibuat oleh Vladimir Agafonkin dan beberapa kontributor lainnya. Dengan ukuran file hanya 33 KB, Leaflet memiliki semua fitur yang dibutuhkan untuk membuat peta interaktif secara online yang sangat ringan saat dibuka menggunakan smartphone.

Membuat Peta Interaktif yang Mobile-Friendly dengan Leaflet JS
Tampilan Leaflet JS saat dibuka menggunakan smartphone

Silahkan buka link berikut untuk melihat tampilan peta interaktif dari smartphone seperti tampak pada gambar diatas :  http://leafletjs.com/examples/mobile-example.html

Leaflet bisa berjalan di hampir semua jenis platform baik itu desktop maupun mobile. Keunggulan lainnya adalah kemampuannya diakses di browser ‘tua’ karena mengadopsi teknologi HTML5 dan CSS3.

Leaflet juga didukung oleh banyak kontributor dengan API yang terdokumentasi dengan baik serta mudah digunakan dan simple. Source code dan dukungan plugin juga tersedia.

Untuk mempelajari lebih jauh tentang Leaflet bisa kunjungi situs http://leafletjs.com. Anda juga bisa mempelajarinya dari e-book “Leaflet Tips and Tricks – Interactive Maps Made Easy” yang dibuat oleh Malcolm Maclean. Buku tersebut tersedia di https://leanpub.com/leaflet-tips-and-tricks/read/.

Kursus online cara membuat peta interaktif menggunakan Leaflet JS juga tersedia di http://discoverspatial.com. Dengan biaya kursus sangat murah, Anda bisa membuat peta interaktif yang mobile-friendly untuk project web gis.