Membandingkan Software Pengolahan Foto Udara & Orthophoto Agisoft Photoscan vs PIX4D vs APS Menci

Mana yang terbaik diantara 3 software pengolahan foto udara & orthophoto, yakni Agisoft Photoscan vs PIX4D vs APS Menci? Paper tugas akhir dari mahasiswa D3 penginderaan jauh dan sistem informasi geografis UGM ini bisa memberi gambaran untuk Anda.

Agisoft Photoscan vs PIX4D vs APS Menci

Ada beberapa software pengolahan foto udara yang outputnya mampu menghasilkan data orthophoto dan Digital Surface Model (DSM). Namun tidak banyak referensi secara ilmiah yang secara jelas menunjukkan kelebihan dan kekurangan software-software tersebut, baik itu dari sisi pengolahan maupun output yang dihasilkan. Tugas akhir dari Thariq SSS ini membandingkan antara Agisoft Photoscan, Pix4D, dan APS Menci.

Penelitian tugas akhir mahasiswa D3 penginderaan jauh dan sistem informasi geografis UGM ini bertujuan untuk :

(1) Melakukan perbandingan pada saat pemrosesan data foto udara antara Agisoft Photoscan, Pix4D, dan APS Menci menjadi orthophoto dan DSM.

(2) Melakukan perbandingan hasil pengolahan data foto udara menggunakan antara Agisoft Photoscan, Pix4D, dan APS Menci untuk output data orthophoto dan DSM.

(3) Membandingkan Agisoft Photoscan, Pix4D, dan APS Menci dengan melakukan uji akurasi orthophoto dan DSM.

Hirarki pengolahan atau pemrosesan data foto udara antara Agisoft Photoscan, Pix4D, dan APS Menci secara garis besar memiliki kesamaan yakni :

  • Import data hasil foto udara
  • Ekstraksi point cloud
  • Proses pembuatan orthophoto
  • Proses ekstraksi DSM
  • dan export data.

Penelitian ini membandingkan dengan cara melakukan penilaian efektivitas software melalui 5 parameter yaitu waktu, proses, kelengkapan tools & features, dan kemudahan pengoperasian. Selain uji visual dan efektivitas software, data orthophoto yang dihasilkan perlu dilakukan uji akurasi dengan data Independent Check Point (ICP) dan pengukuran luas objek sampel; sedangkan DSM diuji dengan profiling

Penelitian yang membandingkan antara 3 software pengolahan foto udara yakni Agisoft Photoscan vs PIX4D vs APS Menci, diperoleh hasil bahwa output orthophoto dari ketiga software tersebut memiliki karakteristik yang berbeda baik secara visual, efektivitas pemrosesan, dan akurasi. Secara visual software Pix4D menghasilkan orthophoto yang paling baik karena sangat rapi potongan areanya jika dibandingkan dengan dua software lainnya. Data orthophoto dan DSM dari software Agisoft Photoscan dan Pix4D tersebut dapat digunakan sebagai peta dengan skala 1:10.000 hingga 1:5.000, sedangkan APS Menci tidak sesuai kriteria kelas yang ada. 

Secara efektivitas pemrosesan software Agisoft unggul dalam kecepatan pemrosesan, Pix4D unggul dalam akurasi geometri, dan APS Menci unggul dalam kelengkapan tools dan features. Penelitian ini perlu dikembangkan terutama pada penggunaan alternatif software lain terutama pada software yang tidak berbayar.

Penelitian Thariq SSS tersebut yang berjudul “PERBANDINGAN SOFTWARE AGISOFT PHOTOSCAN, PIX4D, DAN APS MENCI UNTUK PEMROSESAN DATA FOTO UDARA MENJADI ORTHOPHOTO DAN DIGITAL SURFACE MODEL” bisa dilihat di Repository UGM untuk mendapatkan file PDF abstrak, daftar isi dan bibliography-nya.

Mas Sigit Riyanto Si Tukang Poto Keliling juga pernah membandingkan Agisoft Photoscan vs PIX4D vs APS Menci di blog-nya dengan melakukan prosesing foto udara untuk menghasilkan orthomosaic dengan mode default. Hasilnya, untuk efektifitas waktu, Agisoft Photoscan menang banyak, namun untuk kemudahan menghasilkan data orthomosaic, APS Menci menjadi pilihan.

Apa software pengolahan foto udara favorit Anda antara Agisoft Photoscan vs PIX4D vs APS Menci? Atau Anda punya opsi software lainnya?