Google Street View Sudah Tersedia Untuk 4 Kota di Indonesia

Google Street View Sudah Tersedia Untuk 4 Kota di Indonesia. Ke-empat kota tersebut adalah Jakarta (dan sekitarnya), Bogor, Surabaya, serta Denpasar dengan coverage jalanan utama mencapai hampir 90%. Google Indonesia secara resmi telah mengumumkan hal tersebut hari ini Kamis (21/8/2014) melalui konferensi pers. Google Street View Indonesia bisa diakses melalui web browser dengan mengunjungi url http://maps.google.co.id dari komputer/laptop maupun smartphone/tablet atau bisa juga menggunakan aplikasi Google Earth.

google street view Indonesia

Geotekno.com pernah mengabarkan bahwa Google Indonesia memulai proses perekaman jalanan Jakarta untuk layanan Street View sejak November 2012. Google Street View Indonesia tidak hanya merekam foto sphere 360 derajat di jalanan utama ke-empat kota tersebut, tetapi juga merekam obyek wisata seperti landspace sengkedan sawah di Ubud Bali serta pemandangan indah terumbu karang bawah air di Pulau Komodo. Google Indonesia menjanjikan akan lebih banyak kota yang akan di rekam oleh layanan Google Street View.

Kendala Google Street View di Indonesia

Google Street View, yang menggunakan teknik perekaman foto panorama 360 derajat menggunakan sistem kamera 11 lensa, mengalami beberapa kendala saat melakukan kegiatan perekaman foto. Kendala yang menjadi hambatan terbesar adalah lalu lintas kota terutama Jakarta yang sering dilanda kemacetan. Padahal mobil yang digunakan untuk proses perekaman foto membutuhkan kecepatan yang konstan untuk dapat merekam dengan sempurna.

google-street-view-jakarta

Namun jika Anda mengunjungi beberapa jalanan utama di Jakarta menggunakan Google Street View ini, seperti Jalan Sudirman atau Jalan Thamrin, jalan tersebut nampak tidak terlalu padat atau sedang macet parah. Di beberapa jalan utama lain bahkan nampak lengang. Kemungkinan team Google Street View sudah mengetahui waktu yang tepat untuk merekam jalanan Ibukota tanpa harus mendapati jalanan yang macet. Seperti di ketahui kita bisa menggunakan Google Maps untuk mencari tahu kondisi jalanan Jakarta, sehingga kita bisa mengetahui dan menghindari jalanan yang macet hanya dari komputer.

Sejumlah wilayah populer di DKI Jakarta kini bisa dinikmati melalui Street View, seperti Museum Fatahillah, Bundaran Hotel Indonesia, kawasan Senayan, dan sebagainya. Tak hanya obyek-obyek tersebut, jalan-jalan di wilayah DKI Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi sudah bisa dijelajahi melalui layanan Google Street View di PC dan smartphone. Bahkan saya mendapati jalanan kecil pun (hanya muat untuk satu mobil) juga bisa lihat di Google Street View.

Cara Akses Google Street View

Cara mengakses layanan Google Street View seperti sudah di sebutkan diatas, bisa menggunakan layanan Google Maps di browser dengan mengunjungi URL http://maps.google.co.id atau bisa juga menggunakan layanan Google Earth. Anda bisa mengunjungi area yang Anda inginkan dengan cara zoom in. Untuk melihat tampilan Street View, seret (drag) ikon Pegman (gambar ikon manusia berwarna kuning) ke atas jalan yang Anda inginkan. Untuk Google Maps, Pegman berada di kanan bawah tampilan peta pada menu Street View. Sementara Google Earth, Pegman berada di kanan atas, di bawah kompas arah mata angin.

Cara Akses Google Street View dari Smartphone/Tablet

Google Street View juga bisa diakses menggunakan perangkat mobile, smartphone atau tablet, yang menggunakan sistem operasi sistem operasi Android atau iOS. Cara aksesnya Google Street View dari smartphone atau tablet sangat mudah. Setelah pengguna membuka aplikasi Google Maps, pengguna bisa memilih salah satu ruas jalan yang diinginkan, kemudian tap dan tahan agak lama di area tersebut hingga sebuah pin berwarna merah muncul (dropped pin). Nama ruas jalan yang Anda pilih tersebut akan di tampilkan di bawah layar. Pengguna bisa klik nama jalan tersebut, maka akan muncul tulisan “Street View”, pengguna tinggal klik tulisan tersebut untuk melihat foto hasil rekaman Google Street View.

Nama jalan yang dimaksud akan ditampilkan di bagian bawah layar. Klik nama jalan tersebut, bila areanya terekam Street View akan muncul foto dengan tulisan “Street View”. Klik foto tersebut dan Anda bisa mulai menjelajah jalanan dan melihat-lihat area di sekitarnya.

Ah, jadi tidak sabar eksplorasi lebih banyak lagi, siapa tahu ketemu gambar aneh Street View Jakarta atau kota lainnya, seperti penampakan perempuan berkaki tiga ini he he