Geospasial BUKAN Sistem Informasi Geografis

Apa pengertian sistem informasi geografis (SIG/GIS)? Apa pengertian geospasial? Apakah informasi geospasial sama dengan informasi geografis?

Geotekno.com – Sebuah artikel di Forbes yang ditulis Will Cadell dari Sparkgeo, mencoba mengajak kita untuk mendefinisikan ulang apa itu Sistem Informasi Geografis dan apa yang dimaksud dengan Geospasial. Apakah saya seorang dengan skill GIS atau sekarang saya seorang geospasial expert?

Pengertian Sistem informasi Geografis

Pengertian Sistem informasi Geografis menurut ESRI adalah sistem komputer yang menangani serta memakai data yang menggambarkan tempat-tempat dipermukaan bumi. Kita bisa temukan banyak definisi sistem informasi geografis di Wikipedia, pengertian sistem informasi geografis menurut para ahli dan sejarah sistem informasi geografis di laman tersebut.

Pengertian Sistem informasi Geografis Menurut Para Ahli

Pengertian Sistem Informasi Geografis menurut para ahli diantaranya Burrough (1986) adalah alat yang dimanfaatkan untuk pengumpulan, pengambilan kembali data yang di inginkan dan penyajian data keruangan yang berasal dari kenyataan dunia.

Sementara Aronaff (1989) menyebutkan, Sistem Informasi Geografis adalah sistem informasi yang terkomputerisasi yang digunakan untuk melakukan input data, mengelola, manipulasi/editing data serta memberikan atribut data dan analisa data untuk digunakan oleh pengambil keputusan.

Kemudian belakangan muncul istilah baru yaitu Geospasial. Lembaga resmi pemerintah yang memiliki kewenangan pada segala hal terkait informasi geografis di Indonesia, menamakan dirinya Badan Informasi Geospasial (BIG).

Dimana diferensiasi itu? Apakah Anda bisa ‘membaca’ jika geospasial itu berusaha dan mencoba memisahkan diri dari geografi??

Pengertian Geospasial

Tidak ada definisi yang jelas untuk geospasial di Wikipedia Indonesia, tidak selengkap definisi dan penjelasan tentang sistem informasi geografis. Di Wikipedia versi English bahkan di judulnya tertulis Geospatial (disambiguation)

Istilah geospasial adalah istilah yang populer belakangan dan digunakan untuk mendefinisikan data kolektif dan teknologi terkait yang memiliki komponen geografis atau lokasi. Pencarian menggunakan Google Ngram Viewer menunjukkan bahwa istilah tersebut hanya masuk literatur selama akhir 1980-an dan dengan cepat meningkat frekuensinya sejak saat itu.

pencarian geospasial

Situs GISLounge.com menuliskan, kata geospasial digunakan untuk menunjukkan bahwa data yang memiliki komponen geografis. Ini berarti bahwa catatan dalam suatu dataset memiliki informasi lokasi yang terikat padanya seperti data geografis dalam bentuk koordinat, alamat, kota, atau kode pos. Data Sistem Informasi Geografis (SIG/GIS) adalah bentuk data geospasial. Data geospasial lainnya dapat berasal dari data GPS, citra satelit, dan geotagging.

Sementara Teknologi Geospasial mengacu pada semua teknologi yang digunakan untuk memperoleh, memanipulasi, dan menyimpan informasi geografis. Sistem Informasi Geografis adalah salah satu bentuk teknologi geospasial. GPS, penginderaan jauh, dan geofencing adalah contoh lain dari teknologi geospasial.

Informasi Geospasial vs Informasi Geografis

Cadell menyebutkan sistem informasi geografis selalu menderita krisis identitas. Banyak perbedaan pada akronim SIG/GIS itu sendiri. Tapi bagaimanapun, pengetahuan tentang ilmu dasar geografi mestinya menjadi pembeda utama antara yang punya keahlian membuat dan menganalisa peta dengan yang bisa membuat peta karena punya kemampuan olah digital menggunakan komputer dengan software GIS.

Sebelum Google Earth dan Google Maps lahir, orang dengan keahlian membuat peta digital menggunakan software sistem informasi geografis adalah anak tiri yang tidak diperhatikan. Mereka terbatas pada kemampuan bisa menghasilkan peta. Namun orang-orang ketika itu tidak pernah paham alur kerja sistem informasi geografis hingga peta itu bisa di cetak, sampai akhirnya dua produk peta digital dari Google itu dirilis dan bebas diakses secara online.

Selanjutnya permintaan orang-orang yang membutuhkan akurasi lokasi dan analisa keruangan yang kompleks meminta peta untuk ditampilkan secara online. Para pengguna sistem informasi geografis pun kemudian belajar menuliskan barisan kode dan menyajikan peta yang lebih interaktif dan bisa diakses dari manapun di penjuru bumi, asal terhubung dengan internet.

Kemudian muncul beragam software yang memudahkan untuk menyajikan peta online dengan merangkai barisan kode. Peta online akan diperoleh setelah perangkai kode itu di suplai dengan data dan informasi geografis. Alur kerja semacam ini selanjutnya dikenal dengan geospasial, atau menyajikan informasi geospasial. Ingat, ini bukan alur kerja sistem informasi geografis, jadi Geospasial BUKAN Sistem Informasi Geografis.

Geospasial Bukan Sistem Informasi Geografis

Jadi diferensiasi itu ada pada bagaimana data spasial itu diperoleh dan di lakukan penyesuaian serta di analisa VS bagaimana data spasial dan hasil analisa tersebut di sajikan.

Sistem Informasi Geografis menjadi “dapur” bagi data spasial, bagaimana data spasial tersebut diperoleh, diolah, di kalkukasi dan dianalisa. Geospasial menyajikannya dengan desain dan teknologi terkini mengikuti selera pasar yang gandrung dengan visualisasi cantik dan terdistribusi dengan mudah secara online.

Di akhir kalimatnya Cadell menyebut Geospasial bukan Sistem Informasi Geografis. Saat kebutuhan pasar pada informasi spasial berkembang, maka orang-orang GIS akan menjadi “orang data,” dan sementara orang geospasial akan menjadi “orang distribusi.”

Apa Pengertian Sistem Informasi Geografis?

Pengertian Sistem informasi Geografis menurut ESRI adalah sistem komputer yang menangani serta memakai data yang menggambarkan tempat-tempat dipermukaan bumi.

Apa Pengertian Sistem Informasi Geografis menurut Para Ahli?

Pengertian Sistem Informasi Geografis menurut para ahli diantaranya Burrough (1986) adalah alat yang dimanfaatkan untuk pengumpulan, pengambilan kembali data yang di inginkan dan penyajian data keruangan yang berasal dari kenyataan dunia.

Apa Pengertian Geospasial?

Geospasial digunakan untuk menunjukkan data keruangan yang memiliki komponen geografis dalam bentuk koordinat, alamat, kota, atau kode pos.

Apa Pengertian Teknologi Geospasial?

Teknologi Geospasial mengacu pada semua teknologi yang digunakan untuk memperoleh, memanipulasi, dan menyimpan informasi geografis.