Cara Split Polyline dengan Jarak Tertentu di ArcGIS

Geotekno.com – Untuk kebutuhan analisa dalam project yang tengah saya kerjakan, saya diminta untuk menentukan elevasi sebuah rencana jalan. Dari panjang rencana jalan sekitar 1 km tersebut, saya diminta untuk mendapatkan informasi ketinggian di jalan tersebut dengan interval 10 m dari origin (start awal) ke akhir/ujung jalan.

ArcGIS Add-in Divide by Line

Untuk itu saya perlu untuk membagi jalan tersebut (single polyline) ke dalam potongan-potongan polyline setiap 10 meter. Untuk membagi / split sebuah polyline dengan jarak yang saya tentukan, saya menggunakan add-in untuk ArcGIS yang bernama Divide Line By Length. Add-in ini bisa di download di link berikut : http://www.arcgis.com/home/item.html?id=d5d27ee47330434b9a96b91136a0118f.

Fungsi utama dari Add-in Divide Line by Length ini adalah membagi atau splitting sebuah polyline menjadi beberapa polyline dengan jarak konstan yang nilainya ditentukan oleh user. Pengguna cukup memasukkan nilai interval atau jarak yang diinginkan, maka polyline terpilih akan otomatis terbagi dalam jarak yang di entry tersebut.

Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti penjelasan berikut ini :

  • Kunjungi link diatas untuk download dan instal Add-in Divide by Line
  • Setelah sukses terinstal, tambahkan menu toolbar Divide by Line. Caranya dari Menu bar Customize –> Pilih Customize Mode. Dari jendela Customize yang tampil, pindah ke tab Command, lakukan pencarian Divide by Line. Hasil pencarian tampak di bawah kanan. Drag tool tersebut ke dalam toolbar, lebih baik jika di dalam menu Editor (lihat gambar).Add-in Divide by Line
  • Tentukan sebuah polyline yang akan di split/di bagi dalam jarak interval tertentu. Start Editing, seleksi polyline tersebut, klik menu Divide By Line, isi nilai interval yang diinginkan, lalu ENTER.Add-in Divide by Line Enter length
  • Polyline terpilih akan terbagi ke dalam beberapa polyline dengan panjang polyline sesuai dengan nilai interval yang diisikan diatas.
  • Pengguna melakukan mengetahui panjang setiap polyline hasil split tersebut dengan menambahkan kolom baru dan memprosesnya menggunakan Calculate Geometry untuk mendapatkan nilai panjang tiap polyline hasil splitting.

Lalu bagaimana mendapatkan nilai elevasi setelah proses splitting polyline ini selesai? Saya selanjutnya mengubah feature polyline hasil splitting tersebut ke dalam point menggunakan ArcToolbox bawaan ArcGIS. Data Management Tools –> Features –> Feature to Point.

Feature baru dalam bentuk point ini akan melakukan ekstraksi data elevasi dari data format raster seperti data SRTM, ASTER atau LiDAR. Masih menggunakan ArcToolbox, dari menu Spatial Analyst Tools –> Extraction –> Extract Values To Points. Untuk lebih jelasnya, saya akan posting dalam artikel terpisah. Semoga bermanfaat.