Cara Mudah Download DEMNAS Menggunakan ArcGIS

Inilah cara paling mudah untuk download DEMNAS dari BIG menggunakan ArcGIS, user harus melakukan register atau login di situs resmi DEMNAS (BIG) untuk bisa mengikuti cara ini.

Download DEMNAS Menggunakan ArcGIS

Geotekno.com – Sejak pertengahan tahun lalu (2018) Badan Informasi Geospasial merilis data Seamless Digital Elevation Model (DEM) dan Batimetri Nasional. Data DEMNAS dan BatNAS seluruh Indonesia ini bisa di download gratis melalui situs http://tides.big.go.id/DEMNAS/. Pengguna harus mendaftar (register) terlebih dahulu, sementara password untuk login akan diberikan melalui email yang didaftarkan.

Sumber data DEMNAS terdiri atas beberapa sensor diantaranya IFSAR (resolusi 5m), TERRASAR-X (resolusi 5m) dan ALOS PALSAR (resolusi 11.25m). Data yang tersedia pada DEMNAS memiliki resolusi spasial DEMNAS adalah 0.27-arcsecond atau jika di konversikan, ketelitiannya menjadi 8.1 meter. Sistem koordinat data DEMNAS adalah EPSG: 4326 atau GCS WGS 1984 dengan Datum vertikal yang digunakan adalah EGM2008.

Baca Juga : Download Data Kontur Seluruh Indonesia

Sementara data Batimetri Nasional  (BATNAS) seperti yang disebutkan dalam situs DEMNAS, dibentuk dari hasil inversi data gravity anomaly hasil pengolahan data almetri dengan menambahkan data pemeruman (sounding) yang dilakukan oleh BIG, NGDC, BODC, BPPT, LIPI, P3GL dan lembaga lainnya dengan survei single maupun multibeam. Resolusi spasial data BATNAS adalah 6 arc-second dengan menggunakan datum MSL.

Berikut tabel spesifikasi Data DEMNAS seperti di capture dari situs resminya.

keterangan data demnas

Dibawah ini tabel spesifikasi Data BATNAS seperti di capture dari situs resminya.

keterangan data batnas

Sebelum penjelasan cara paling mudah untuk download data DEMNAS dari BIG menggunakan ArcGIS, Geotekno.com  jelaskan secara singkat terlebih dahulu cara download data DEMNAS / BATNAS melalui situs resmi yang disediakan oleh BIG.

Setelah terdaftar di situs DEMNAS, pengguna bisa login menggunakan email yang di daftakan dan password yang diberikan ke email terdaftar. Tidak ada menu login di situs DEMNAS, halaman untuk login akan terbuka jika pengguna memilih salah satu pilihan dropdown Menu Download.

download demnas batnas
login download demnas
Halaman login situs DEMNas

Gambar dibawah ini adalah saat pengguna berhasil login. Data DEMNAS disediakan per Nomor Lembar Peta (NLP) yang ditampilkan dalam bentuk kotak grid. Untuk melakukan download data DEMNAS klik pada salah satu kotak grid yang diinginkan.

download data demnas
contoh download data DEMNAS dengan NLP 0814-34 wilayah Sumatera

Klik pada salah kotak grid akan menampikan pop-up kecil yang menunjukkan gambar thumbnail dari data DEMNAS serta link download dengan nama DEMNAS_XXX_YY sesuai NLP . Klik pada link biru tersebut untuk download data DEMNAS dan menyimpannya di komputer Anda.

Baca Juga : Cara Download Kontur dari Google Earth

Itulah penjelasan singkat cara download data DEMNAS melalui situs resmi BIG. Lalu bagaimana cara mudah download DEMNAS di ArcGIS? Ikuti tahapan penjelasan di bawah ini.

download demnas di arcgis
Download Data DEMNas Menggunakan ArcGIS
  1. Download file MPK (ArcGIS Map Package) yang Geotekno.com sediakan melalui link berikut : demnas_batnas.mpk.
  2. Open atau buka file tersebut MPK hingga tampil seperti gambar di atas. Terdiri atas dua data frame, yakni DEMNAS dan BATNAS, dengan data frame DEMNAS sebagai default data frame yang aktif. Sistem proyeksi yang digunakan adalah GCS WGS 1984 sesuai dengan sistem koordinat data DEMNAS. Pastikan Anda sudah login di website DEMNAS.
  3. Jika diperlukan, Anda bisa tambahkan layer OSM sebagai basemap, atau pengguna bisa tambahkan layer Area of Interest (AOI) lain sesuai kebutuhan.
  4. Zoom in pada kotak grid yang ingin di download data DEMNAS-nya. Kemudian pilih icon Hyperlink yang tersedia pada toolbar ‘Tools’. Lalu klik pada kotak grid pilihan Anda, selanjutnya akan muncul jendela default browser di komputer Anda, diikuti dengan jendela Save As untuk menunjuk lokasi penyimpanan data di komputer lokal yang Anda inginkan.
  5. Pengguna bisa download data DEMNAS grid lain menggunakan cara seperti diatas.
  6. Untuk download data Batimetri Nasional (BATNAS), pengguna harus ‘Activate’ data frame BATNAS terlebih dahulu.
  7. Layer BATNAT terdiri atas dua tipe data yaitu BATNAS EGM dan BATNAS MSL sesuai dengan data yang tersedia di situs resminya.
  8. Cara download data BATNAS sama seperti cara download data DEMNAS dengan menggunakan tool Hyperlink. Untuk download BATNAS tipe EGM, sebaiknya layer BATNAS di uncheck terlebih dahulu, begitu juga sebaliknya.

Geotekno.com juga menyediakan video yang menjelaskan secara visual  seluruh tahapan cara download data DEMNas menggunakan ArcGIS di channel Youtube GEOTEKNO.COM dan juga di Facebook Fans Page https://web.facebook.com/GeospasialTeknologi/. Berikut di bawah ini video tersebut.

Itulah penjelasan tentang DEMNAS dan BATNAS yang BIG sediakan gratis sebagai rujukan data elevasi daratan dan data kedalaman lautan secara nasional. Untuk cara menggabungkan dan mengolah data DEMNAS ikuti artikel di link ini.

Apa itu DEMNAS?

DEMNAS adalah data digital elevation model nasional dari Badan Informasi Geospasial yang dibangun dari beberapa sumber data meliputi data IFSAR (resolusi 5m), TERRASAR-X (resolusi 5m) dan ALOS PALSAR (resolusi 11.25m)

Berapa Resolusi Spasial DEMNAS?

Resolusi spasial DEMNAS adalah 0.27-arcsecond atau 8.1 meter, dengan menggunakan datum vertikal EGM2008.

Bagaimana Cara Download DEMNAS?

Data DEMNAS tersedia bebas untuk di download melalui situs http://tides.big.go.id/DEMNAS. Anda harus terdaftar untuk bisa download data DEMNAS.

Bagaimana Cara Mengolah Data DEMNAS

Data DEMNAS bisa diolah menggunakan software GIS seperti ArcGIS, QGIS, GDAL atau GlobalMapper. Proses menggabungkan data DEMNAS, bisa juga dilakukan menggunakan software tersebut atau ikuti panduan di link berikut : https://www.geotekno.com/?p=2401