Cara Download dan Georeference Citra Satelit Google Earth dengan QGIS 2.8

Geotekno.comVersi gratis dari Google Earth Pro telah memudahkan pengguna untuk melakukan download citra satelit dengan resolusi tinggi. Google Earth Pro seperti diketahui memiliki fitur untuk menyimpan image yang tampak di layar dengan beberapa pilihan resolusi.

Download Citra Satelit Google Earth di QGIS

Situs Monde-Geospatial.com telah membuat video tutorial cara download citra satelit dari Google Earth Pro dan cara georeference citra satelit hasil download tersebut menggunakan Quantum GIS (QGIS) 2.8. Dalam video berdurasi sekitar 22 menit ini, pengguna juga diminta untuk menginstal OpenLayer Plugin untuk memudahkan proses georeference citra tersebut.

Berikut tahapan yang ada dalam video tutorial cara download dan georeference citra satelit Google Earth menggunakan QGIS 2.8

1. Download citra satelit menggunakan fitur yang disediakan Google Earth Pro.

2. Instal OpenLayers Plugin di QGIS

3. Tambahkan Google Satellite sebagai layer dengan memanfaatkan fitur dari OpenLayers Plugin  di QGIS

4. Untuk georeference citra satelit gunakan fitur QGIS Georeferencer

5. Tambahkan control points di citra hasil download dengan koordinat yang disesuaikan dengan koordinat yang terdapat di Google Satellite layer

Selengkapnya silahkan melihat video di bawah ini.

Baca juga : Cara Download Kontur dari Google Earth

Geotekno.com juga punya trik sendiri untuk melakukan georeference citra hasil download dari Google Earth Pro menggunakan Global Mapper. Tunggu postingan Geotekno.com selanjutnya.