WorldMap : Aplikasi Pemetaan Gratis dari Harvard University

Posted on

Center for Geographic Analysis Harvard University merilis WorldMap, sebuah aplikasi mapping dengan platform open source  yang di desain untuk kemudahan membuat peta tematik secara online menggunakan beragam layer termasuk raster dan vektor. Pengguna pun bisa memanfaatkan ribuan layer geografis yang terdapat di Worldmap Library.

worldmap

Aplikasi web mapping WorldMap ini gratis di gunakan untuk pengguna di seluruh dunia. Pengguna diperbolehkan meng-upload data GIS berukuran besar hingga 100 MB untuk data vektor, sementara data raster dibatasi hingga 200 MB. Dengan memanfaatkan layer geografis yang terdapat di WorldMap Library, pengguna bisa membuat peta tematik sendiri, serta membaginya pada pengguna lainnya. Pengguna juga diberi akses untuk menggunakan online cartographic tools serta melakukan export data ke dalam format ESRI – shapefile dan KML.

Pengguna juga bisa memanfaatkan WorldMap WARP sebagai tool online untuk melakukan georektifikasi peta hasil scan. Pengguna bisa upload peta hasil scan yang belum ter-rektifikasi, untuk kemudian dengan menggunakan WorldMap WARP men-transform peta hasil scan tersebut menjadi peta yang memiliki koordinat bumi sebenarnya yang hasilnya bisa Anda download dalam format KML/KMZ.

Baca Juga :   Cara Membuat 3D di SketchUp untuk Ditampilkan di ArcGIS

WorldMap dibangun menggunakan open source software (Anda bisa download WorldMap source code via github.com DISINI) dan di hosting menggunakan infrastruktur awan dari Amazon EC2. Basemap sebagai background peta menggunakan Google dan OpenStreetMaps APIs.

Lebih lengkap tentang WorldMap tersedia DISINI. Baca juga Tutorial Quantum GIS (QGIS) dari Harvard University DISINI

Related Posts