Video Tutorial Dasar Menggunakan Quantum GIS (QGIS)

Posted on

GeoTekno.com pernah memposting beberapa tutorial Quantum GIS (QGIS) baik menggunakan pengantar Bahasa Indonesia maupun yang menggunakan pengantar Bahasa Inggris. Modul, teori, buku acuan dan pelatihan-pelatihan pemetaan belum begitu banyak yang menggunakan software open source Quantum GIS karena masih relatif masih dianggap kurang menarik secara visual dan masih dianggap terbatasnya kemampuan-kemampuan software ini dalam pengolahan data spasial yang lebih lanjut dibanding dengan software pemetaan berbayar lainnya.

Tutorial Quantum GIS menggunakan pengantar Bahasa Indonesia bisa Anda temukan di link ini yang disusun oleh  Andika Kusuma Nugraha dari Fakultas Geografi UGM Yogyakarta. Sementara tutorial Quantum GIS yang menggunakan pengantar Bahasa Inggris disediakan oleh Harvard University yang bisa diakses secara online. Materi apa saja yang terdapat dalam tutorial Quantum GIS dari Harvard University tersebut bisa Anda baca di link ini.

Di situs iniGIS.net juga terdapat link video tutorial dasar menggunakan Quantum GIS (QGIS) dengan pengantar Bahasa Inggris. Video tutorial tersebut tersedia dalam 8 materi yang berbeda, diantanya symbology and labelling, georeferencing, vector analysis, cara membuat layout (map composer), raster analysis dan cara melakukan proyeksi koordinat di QGIS. Untuk melihat seluruh video tutorial tersebut kunjungi postingan berikut: Quantum GIS Video Tutorials.

Baca Juga :   Modul Pelatihan OpenStreetMap Tingkat Dasar

Related Posts