Video Tutorial Cara Unduh Citra Satelit Google Earth Berdasarkan Historical Imagery

Posted on

Kelebihan dari cara unduh citra satelit dari Google Earth yang ditunjukkan pada 13 seri video ini, Anda bisa unduh citra sesuai dengan tanggal rekaman citra yang paling baik kualitasnya.

download citra berdasarkan historical imagery

a d v e r t i s e m e n t

Berikut beberapa software yang diperlukan untuk bisa melakukan download citra satelit berdasarkan historical imagery yang sesuai dengan contoh yang digunakan dalam video :

  1. GE Versi 6.x atau sebelumnya. GE versi 7.x atau yang lebih baru, menurut pengalaman penulis, GE versi 7.x memiliki kendala untuk bisa  diekstraksi citra satelit menggunakan tutorial ini. (source : http://goo.gl/4UayWa)
  2. Cache Stasher dari Aaron (source : https://goo.gl/ZeWVfH).
  3. Cache Master (source : http://goo.gl/xLV6fh). Software ini ada versi yang lebih baru, namun penulis belum pernah mencobanya.
  4. UltraSearch (source : http://www.jam-software.com/ultrasearch/)
  5. GlobalMapper (optional)
  6. ArcGIS/QGIS/MapInfo (optional)

Tahapan cara kerja unduh citra satelit resolusi tinggi dari Google Earth adalah sebagai berikut :

  1. Membuat Area of Interest (AOI) atau area/wilayah yang ingin Anda unduh citra satelitnya.
  2. Membuat vektor grid dari AOI. Vektor grid dibuat untuk memudahkan saat Anda bekerja dengan GE agar tidak menyimpang dari AOI.
  3. Konversi vektor grid ke format KML atau KMZ.
  4. Bekerja dengan GE. Pengaturan yang harus dilakukan sebelum bekerja dengan GE dan cara ekstrak citra dengan tanggal rekam yang berbeda.
  5. Menyimpan GE Cache menggunakan software Cache Stasher.
  6. Ekstraksi GE Cache menggunakan software Cache Master. Pengaturan yang harus dilakukan saat ekstraksi dan direktori kerja/penyimpanannya.
  7. Bekerja dengan software UltraSearch untuk memudahkan melakukan pencarian kepingan imagery hasil ekstraksi Cache Master. Cara melakukan pengaturan dan system drag and drop ke GlobalMapper.
  8. Mosaik dan konversi ke format GeoTIFFF /ECW menggunakan GlobalMapper.

Setelah Anda memahami cara kerja diatas, pada 4 seri video terakhir Anda akan ditunjukkan cara melakukan unduh citra satelit resolusi tinggi dari Google Earth berdasarkan historical imagery-nya.

Klik laman selanjutnya (Page 3) : Daftar Link 13 Video

a d v e r t i s e m e n t

Related Posts