Tutorial Instalasi ArcGIS Server dan ArcSDE untuk PostgreSQL

Posted on

Forum Komunitas GIS melalui Mas Hari Subagyo telah sharing tutorial cara melakukan instalasi ArcGIS Server dan ArcSDE untuk PostgreSQL. Melalui tutorial tersebut ditunjukkan step by step proses instalasi ArcGIS Server, ArcSDE PostgreSQL serta overview tentang kustomisasi web gis menggunakan Flex.

ArcGIS Server Diagram

Sebelum melakukan instalasi ArcGIS Server, beberapa komponen harus sudah terinstal, baik untuk Windows 7 (Ultimate/Professional) maupun Windows Server 2008 (Standard/Enterprise). Komponen tersebut diantaranya adalah Microsoft .Net Framework 3.4 SP 1 serta IIS dan komponen turunannya.

Instalasi ArcGIS Server sendiri terdiri atas dua bagian, yaitu instalasi GIS Services untuk publikasi service dan Web Application untuk membuat aplikasi webgis. Selengkapnya cara instalasi ArcGIS Server – GIS Services termasuk proses post-installation, serta cara mengakses ArcGIS Server dari PC klien dan cara mem-publish ArcMap project (MXD) menjadi Map Service dan Basemap Map Service tersedia di tutorial 53 halaman ini.

Sementara instalasi ArcSDE untuk PostgreSQL, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Yang pertama tentu saja, PostgreSQL harus sudah terinstal (Di dalam tutorial ini terdapat lampiran cara instalasi PostgreSQL). PostGIS juga telah terinstal. Terakhir install pgoleDB untuk melakukan koneksi OLEDB.

Baca Juga :   Tutorial Membuat Map Book di ArcGIS 10 Menggunakan Data Driven Pages

Ada dua cara untuk membuat geodatabase yang mendukung PGGeometry (PostGIS).
Pertama, membuat database dengan menggunakan template PostGIS. Cara kedua dengan menambahkan PostGIS ke dalam database yang telah dibuat sebelumnya.

Download tutorial tutorial instalasi ArcGIS Server dan ArcSDE untuk PostgreSQL di LINK INI.

Related Posts

One thought on “Tutorial Instalasi ArcGIS Server dan ArcSDE untuk PostgreSQL

Comments are closed.