Tutorial Desain Geodatabase Menggunakan ArcGIS Diagrammer

a d v e r t i s e m e n t


ArcGIS Diagrammer adalah salah satu tool tambahan yang memudahkan pengguna untuk membuat rancangan desain geodatabase secara menyeluruh hingga tiap subsistemnya seperti topologi, tipe data, subtype dst.


Dengan menggunakan ArcGIS Diagrammer, pengguna juga dapat mendistribusikan skema geodatabase yang dihasilkan, menjadi file yang lebih ringan karena berbasis XML script. Dokumen XML ini dapat dibuat dengan mengekspor skema menggunakan ArcCatalog. ArcCatalog juga dapat membuat skema dengan mengimpor geodatabase XML workspace document.

Keuntungan lainya dengan menggukan tool ini yaitu visualisasi rancangan desain geodatabase yang mudah dipahami dan bisa dipresentasikan kepada pengguna lainnya dengan lebih jelas.

Geovisi melalui forum Komunitas GIS telah menerbitkan panduan cara menggunakan ArcGIS Diagrammer dengan pengantar Bahasa Indonesia.  ebook dalam format PDF setebal 20 halaman ini  masih menggunakan versi untuk ArcGIS 9.x. ArcGIS Diagrammer sendiri saat ini sudah tersedia untuk ArcGIS 10 dan ArcGIS 10.1.

Download Tutorial Desain Geodatabase Menggunakan ArcGIS Diagrammer

a d v e r t i s e m e n t


Komentar untuk : Tutorial Desain Geodatabase Menggunakan ArcGIS Diagrammer