Tutorial Analisis Regresi Menggunakan ArcGIS 10

Posted on

Analisis regresi (Regression Analysis) adalah salah satu analisis yang paling populer dan luas pemakaiannya. Hampir semua bidang ilmu yang memerlukan analisis sebab-akibat bisa dipastikan mengenal analisis ini, termasuk bidang ilmu geografi yang terkait dengan ruang.

Analisis regresi dalam statistika adalah salah satu metode untuk menentukan hubungan sebab-akibat antara satu variabel dengan variabel(-variabel) yang lain. Variabel “penyebab” disebut dengan bermacam-macam istilah: variabel penjelas, variabel eksplanatorik, variabel independen, atau secara bebas, variabel X (karena seringkali digambarkan dalam grafik sebagai absis, atau sumbu X). Variabel terkena akibat dikenal sebagai variabel yang dipengaruhi, variabel dependen, variabel terikat, atau variabel Y. Kedua variabel ini dapat merupakan variabel acak (random), namun variabel yang dipengaruhi harus selalu variabel acak [id.wikipedia.com].

analisis regresi arcgis 10

ESRI menyediakan tutorial cara melakukan analisis regresi menggunakan ArcGIS 10. Tutorial tersebut menunjukkan bagaimana analisis regresi bisa di lakukan di ArcGIS, dan mengeksplorasi beberapa pertimbangan khusus setiap kali Anda menggunakan regresi menggunakan data spasial.

Tutorial cara melakukan analisis regresi menggunakan ArcGIS 10 ini tersedia dalam bahasa Inggris yang mudah dipahami. Contoh kasus dalam tutorial ini dimulai dengan menetapkan skenario bahwa otoritas yang bertanggung jawab pada pelayanan panggilan darurat 911 ingin meningkatkan pelayanannya dengan proyeksi dalam 10 tahun mendatang jumlah penduduk akan meningkat hingga dua kali lipat. Disinilah analisis regresi diperlukan untuk memahami beberapa factor yang berkontribusi terhadap volume panggilan darurat yang semakin tinggi. Diperlukan rekomendasi strategi untuk membantu mengurangi tingginya panggilan darurat di masa mendatang.

Baca Juga :   Panduan Teknis Datum dan Sistem Koordinat Peta Rupa Bumi Indonesia

Tutorial cara melakukan analisis regresi menggunakan ArcGIS 10 tersedia dalam format PDF termasuk dengan contoh data. Setelah men-download tutorial tersebut, Anda bisa membuat folder pada komputer Anda dengan nama “SpatialStats”, lalu ekstrak tutorial ke dalam folder tersebut.

Download tutorial cara melakukan analisis regresi menggunakan ArcGIS 10

Related Posts