TdhGIS, GIS Software Gratis untuk Linux dan Windows

Posted on

TdhGIS adalah free software untuk spatial analysis khusus data vektor yang bisa dijalankan di sistem operasi Linux dan Windows. Software GIS gratis ini bisa dijadikan sebagai shapefile viewer sekaligus shapefile editor.

ThdGIS Demo : Create Contour Polygons


TdhGIS dibangun menggunakan C++, wxWidgets dan SQLite. Software ini di bangun berbasiskan fungsionalitas dari program hydraulic network analysis, TdhNet dan program vector graphics editing, TdhCad. TdhGIS memiliki struktur database terbuka dan punya kemampuan untuk melakukan import dan eksport data spasial tipe vector seperti shapefile, comma separated variable (CSV) file dan lainya.

Beberapa fitur yang tersedia di GIS freeware ThdGIS, selain sebagai viewer dan editor data shapefile diantaranya mampu membuat thiessen polygon (misalnya untuk analisa mengetahui jarak rumah sakit terdekat di suatu kota), membuat data kontur garis berdasarkan kesamaan nilai elevasi dari data point (XYZ), serta membuat data contour polygon (misalnya untuk penentuan area di mana curah hujan rata-rata melebihi nilai data dari stasiun curah hujan yang ada), dan masih banyak lagi.

Baca Juga :   ArcGIS Server 10.1 Hanya Tersedia Untuk 64-bit

Selengkapnya silahkan mengunjugi situs TdhGIS.com. Anda bisa download software tersebut sekaligus memperoleh user manual (di download terpisah) melalui link ThdGIS Library.

Related Posts