Peta RW (Rukun Warga) DKI Jakarta di OpenStreetMap

Posted on

Setelah membaca jawaban salah satu anggota milis RSGISForum tentang peta digital Administasi DKI Jakarta, di informasikan bahwa saat ini peta RW ( Rukun Warga ) DKI Jakarta telah tersedia di OpenStreetMap.

 

Peta RW DKI Jakarta tersebut dibuat oleh BPBD DKI Jakarta yang bekerjasama dengan Australia-Indonesia Facility for Disaster Reduction (AIFDR), World Bank, serta dari Universitas Indonesia. Peta yang dibuat merupakan peta penanganan banjir yang di dalamnya memuat informasi nomor RW serta lokasi infrastruktur penting lainnya di kelurahan.

Pemetaan penanganan banjir oleh BPBD DKI Jakarta yang memuat nomor RW di DKI Jakarta tersebut dibuat menggunakan fasilitas dari OpenStreetMap. Pemilihan OpenStreetMap sebagai dasar pembuatan peta, karena aplikasi web mapping tersebut bersifat terbuka sehingga datanya bisa dimanfaatkan oleh publik.

Melalui milis RSGISForum tersebut di informasikan bahwa data akan lengkap pada akhir bulan April ini. Ketika saya membuka OpenStreetMap dan zoom in pada salah satu wilayah di DKI Jakarta, saya sudah menemukan nomor RW disana. Namun saya tidak menemukan batas RW.

Baca Juga :   OSGeo-Live 5.5 : Menjalankan Puluhan Software GIS Open Source dari DVD atau USB Flash Disk

Kita tunggu saja, mudah-mudahan peta hasil kolaborasi di OpenStreetMap semakin lengkap.

Related Posts