Modul Pelatihan OpenStreetMap Tingkat Dasar

Posted on

OpenStreetMap (OSM) merupakan peta digital hasil kolaborasi dari penggunanya yang bisa di edit dengan mudah. Siapapun bisa membuat peta digital menggunakan OSM serta mempublikasikannya secara gratis.

Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT) Indonesia beberapa waktu yang lalu telah mengadakan pelatihan OpenStreetMap tingkat dasar bagi Organisasi Masyarakat Sipil (OMS)/Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dengan harapan peta digital OSM dapat dimanfaatkan untuk mendukung kerja-kerja dari OMS/LSM itu sendiri seperti membuat peta sebaran kasus yang mereka tangani.

Materi Pelatihan OpenStreetMap Tingkat Dasar kepada OMS/LSM tersebut dimulai dengan konsep digitalisasi peta, dimana peserta diminta untuk menggambarkan peta daerah mereka di selembar kertas kemudian mereka akan belajar bagaimana membuat peta tersebut menjadi digital. Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan OpenStreetMap.

Materi dalam Modul Pelatihan OpenStreetMap Tingkat Dasar

Berikut sebagian besar materi yang terdapat dalam modul pelatihan OpenStreetMap tingkat dasar ini, diantaranya :

  • Konsep Dasar OpenStreetMap
  • Pengenalan OpenStreetMap. Di bab ini, dibahas cara melakukan editing dasar menggunakan iD Editor.
  • Penggunaan GPS dan Field Papers. Disini Anda bisa mempelajari cara memetakan dengan menggunakan GPS serta melakukan pemetaan diatas kertas.

fieldpapers.org

  • Data Input. Pada bab ini, Anda bisa mengetahui cara menghubungkan GPS dengan komputer serta mengunduh datanya, scanning peta field papers serta bekerja membuat peta dengan citra satelit serta melakukan digitalisasi peta field papers.
  • Cara Menggunakan Java OpenStreetMap (JOSM) Editor. Software JOSM Editor merupakan aplikasi desktop yang populer digunakan untuk editing peta di OpenStreetMap.  

Anda dapat mendownload modul pelatihan OpenStreetMap tingkat dasar  dan presentasi pelatihan di sini: Modul & Slide Presentasi. [sumber]

Baca Juga :   Video Tutorial Garmin BaseCamp

Artikel Terkait :

Related Posts