Modul Pelatihan ArcGIS Tingkat Lanjut

Posted on

Modul tutorial ArcGIS yang lebih advance telah tersedia di website PelaGIS. Modul ini diberi judul Modul Pelatihan ArcGIS Tingkat Lanjut. Yayasan PelaGIS terbentuk dari perkumpulan praktisi dan pakar-pakar GIS yang bekerja di Aceh pasca tsunami Desember 2004. Yayasan PelaGIS juga telah membuat Modul Pelatihan ArcGIS Tingkat Dasar dan Modul Pelatihan ArcPad Tingkat Dasar.

Tutorial ArcGIS tingkat lanjut ini, membahas tentang operasi geoprocessing seperti konversi data, clip, merge, dissolve dan union. Selain itu juga mempelajari tentang manajemen data spatial yang dimulai dengan pemahaman konsep Geodatabase.

Tutorial ArcGIS yang tersedia dalam format ebook PDF format tersebut juga menunjukkan tentang eksternal database dengan cara membuat koneksi database dengan ODBC serta cara membuat koneksi database di ArcCatalog. Selain itu juga dipelajari tentang join dan relasi tabel serta topology.

Bab V dan VI dari tutorial ArcGIS tingkat lanjut ini memberikan studi kasus pemecahan masalah secara spatial. Studi kasus yang pertama adalah analisa kesesuaian lahan yang breakdown berdasarkan identifikasi parameter dan kriterianya, inventarisasi data, penyiapan data hingga proses analisa kesesuaian lahan berdasarkan reclass data hasil overlay.

Baca Juga :   Konversi Annotasi File DWG ke SHP Menggunakan ArcGIS 9.x & ArcView 3.x

Tutorial ArcGIS tingkat lanjut 150 halaman diatas bisa  didownload dengan klik ikon panah (kebawah) atau mencetaknya dengan klik ikon printer. Atau bisa juga download modul pelatihan ArcGIS tingkat lanjut tersebut langsung dari situs Yayasan PelaGIS disini.

Untuk mendapatkan data latihan yang digunakan pada tutorial ArcGIS tingkat lanjut tersebut bisa menuju ke halaman request data di situs yayasan PelaGIS di link ini.

Related Posts

3 thoughts on “Modul Pelatihan ArcGIS Tingkat Lanjut

Comments are closed.