Membuat Peta Tematik di Google Earth

a d v e r t i s e m e n t


Peta tematik yang menampilkan pola spatial dari data demografi atau data sosial lainnya serta peta tematik pola spatial dari perubahan cuaca bisa dipetakan di Google Earth. Bjørn Sandvik dari ThematicMapping.org telah membuat sebuah engine sehingga Anda bisa membuat peta tematik di Google Earth dengan memanfaatkan KML file dan beberapa baris Javascript.


Dengan engine hasil develop dari ThematicMapping.org ini, Anda bisa membuat peta tematik dari data statistik untuk divisualisasikan secara spasial. Engine tersebut tersedia di http://thematicmapping.org/engine/. Untuk penjelasan lengkap mengenai tools tersebut, silahkan lihat pada video Youtube saat Bjørn Sandvik diundang Google mepresentasikan tools ini atau bisa juga menyimak presentasinya sang developer yang tersedia di SlideShare.

Source code dan dokumentasi untuk membuat peta tematik di Google Earth ini tersedia untuk di download secara gratis, setelah sang developer membuatnya menjadi sebuah project open source. Silahkan download di http://thematicmapping.org/downloads/.

Postingan GeoTekno sebelumnya tentang Cara Membuat 3D KML dari Shapefile Menggunakan Freeware SHP2KML mungkin juga menarik untuk Anda baca.

a d v e r t i s e m e n t


Komentar untuk : Membuat Peta Tematik di Google Earth