Membuat Map Books di Quantum GIS

a d v e r t i s e m e n t


Jika  Anda mengenal Data Driven Pages di ArcGIS 10 untuk membuat map book, Quantum GIS juga terdapat fitur untuk membuat map book atau multiple layout. Dibutuhkan plugin yang disebut dengan EasyPrint untuk dapat membuat map book di QGIS.

map book quantum gis




Plugin QGIS EasyPrint yang dibuat oleh Stefan Ziegler ini bisa di install dari menu Fetch Python Plugins. Jika Anda tidak menemukannya, Anda perlu menambahkannya di CatAIS Repository. Caranya, dari menu Plugins > Fetch Python Plugins lalu klik  tab Repositories. Lihat bagian bawah, klik  Add 3rd party repositories, kemudian klik OK . Kembali ke tab Plugins ketik ‘EasyPrint’  (tanpa quote) pada menu pencarian. Pilih plugin EasyPrint kemudian klik Install plugin .Setelah plugin terinstall. Anda bisa mengaktifkannya dari menu  Plugins > Manage Plugins .

EasyPrint memiliki beberapa fitur diantaranya :

easyprint plugin qgis

  1. SimpleMap : Fitur ini untuk membuat peta satu halaman saja seperti halnya kemampuan standar dari fitur Composer di QGIS.
  2. Mapbook by grid : Fitur ini untuk membuat multipe layout / map book menggunakan acuan grid. EasyPrint menggunakan extent dari layer yang di pilih pengguna saat penentuan grid. Dengan cara ini, Anda akan memperoleh banyak peta dengan skala yang sama.
    Mapbook by grid
  3. Mapbook by feature : Fitur ini untuk multiple layout / map book berdasarkan acuan dari salah feature yang ada di layer. Misalnya Anda ingin membuat peta dengan extent kabupaten A, maka peta hasilnya akan mengikuti kabupaten tersebut, dan begitu seterusnya. Dengan cara ini, Anda akan memperoleh banyak peta dengan skala yang berbeda-beda tergantung dari extent peta dari feature yang ada. Pengguna juga bisa memilih record dari attribute untuk digunakan sebagai judul dan sub judul peta yang otomatis berubah mengikuti extent petanya. Jadi ketika extent-nya Kabupaten A, maka nama petanya adalah Kabupaten A (sesuai attributenya), ketika extent peta diganti menjadi Kabupaten B, secara otomatis judul peta akan berubah menjadi Kabupaten B mengikuti penamaan di attributenya.
    Mapbook by feature

Silahkan mencoba.

Baca juga Tutorial Quantum GIS (QGIS) dari Harvard University

a d v e r t i s e m e n t


Komentar untuk : Membuat Map Books di Quantum GIS