Kursus GIS Online Gratis dari Harvard University

Posted on

Salah satu pembaca blog GeoTekno.com mengirimkan email menanyakan tentang kursus GIS. Ada banyak kursus GIS online gratis di internet, salah satunya yang di sediakan oleh Harvard University.

Harvard University menawarkan kursus GIS online dengan nama “The Introduction to GIS Tutorial“. Kursus tersebut terdiri atas 3 video termasuk dengan latihannya.

Untuk dapat memutar videonya, browser Anda harus mendukung Flash. Sementara data latihan bisa di download pada halaman tersebut. Software yang digunakan dalam kursus GIS online tersebut adalah ArcGIS.

Klik di link ini untuk mengakses kursus GIS online gratis dari Harvard University. Jika Anda tidak memiliki atau tidak menggunakan ArcGIS, maka Anda juga bisa belajar GIS menggunakan software opensource Quantum GIS (QGIS). Harvard University juga menyediakan tutorial QGIS secara gratis yang juga bisa diakses secara online. Penjelasan tentang tutorial QGIS dari Harvard University di link ini.

Anda juga bisa mengikuti kursus GIS online gratis yang juga disediakan oleh ESRI. Berikut adalah link 17 kursus GIS gratis dari ESRI yang bisa Anda ikuti. Setelah mengikuti kursus, Anda akan mendapatkan sertifikat yang menyatakan kepersertaan Anda dalam training GIS tersebut.

Baca Juga :   Tutorial Membuat Map Book di ArcGIS 10 Menggunakan Data Driven Pages

Selain itu, ada juga pilihan program untuk mengikuti kursus GIS online gratis yang di beri nama OpenCourseWare. Beberapa universitas terbaik dunia menawarkan program OpenCourseWare tersebut diantaranya MIT, Yale, UC Berkeley serta University of Michigan dan juga Pen State University. Silahkan buka link OpenCourseWare :  free gis courses from universities untuk informasi lebih lanjut.

Related Posts