Kursus GIS Gratis Menggunakan OpenJUMP

Posted on

OpenJUMP  (Java Unified Mapping Platform) adalah open source GIS yang ditulis dalam bahasa Java berdasarkan JUMP GIS yang dibuat oleh Vivid solutions. OpenJUMP bisa digunakan untuk data spasial berbasis vector maupun data raster. Amarylis, sebuah LSM yang didirikan oleh beberapa orang dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti akan mengadakan kursus GIS gratis cara penggunaan OpenJUMP pada bulan Maret 2012 mendatang.

openjump open source gis software

Software Open Source GIS OpenJUMP dipilih karena selain gratis , pengoperasiannya juga mudah, sehingga lebih mudah untuk  dipahami orang lain. Data spasial atau layer yang di gunakan pada OpenJUMP, bisa juga digunakan oleh software GIS lainnya. Amarylis akan mengundang  instruktur dari universitas Charles Darwin – Australia untuk kursus GIS gratis menggunakan OpenJUMP ini. Pelatihan GIS  ini GRATIS, dan Amarylis juga akan menyediakan makan siang dan snack sederhana.

Tujuan pelatihan GIS gratis menggunakan OpenJUMP ini adalah untuk:

  • Membangkitkan minat peserta untuk menggunakan GIS, khususnya pada bidang kesehatan masyarakat.
  • Memperkenalkan dan melatih peserta untuk menggunakan OpenJUMP di dalam ptoject yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat.
  • Mencari kemungkinan-kemungkinan untuk membangun jaringan, contohnya, untuk berbagi ilmu, berbagi data, membangun peta/lapisan dasar kesehatan masyarakat, dan lain sebagainya.

Pelatihan GIS gratis menggunakan OpenJUMP ini akan berlangsung pada:
tanggal : 12 – 15 Maret 2012
Waktu : 08.30 – 16.30
Tempat : Amarylis
Kompleks Perumahan Greenville Blok O no. 12A
Jakarta Barat
S6.17004 E106.77714

Jika Anda punya waktu luang atau bisa meluangkan waktu untuk mengikuti kursus GIS gratis menggunakan GIS OpenJUMP ini, bisa mengirimkan formulir pendaftaran yang bisa di download disini. Kembalikan formulir tersebut via email sebelum tanggal 29 Februari 2012. Peserta dibatasi hanya untuk 20 orang saja. Peserta yang berhak untuk mengikuti pelatihan GIS gratis ini akan di konfirmasi pada  tanggal 5 Maret 2012.

Baca Juga :   OSGeo-Live 5.5 : Menjalankan Puluhan Software GIS Open Source dari DVD atau USB Flash Disk

Informasi lebih lanjut tentang kursus GIS gratis menggunakan GIS OpenJUMP ini bisa mengirimkan email ke Amarylis melalui : training.amarylis@gmail.com.
Informasi singkat tentang Amarylis dapat diambil di: http://goo.gl/RPkKW. Formulir pendaftaran kursus GIS gratis ini bisa di download di: http://goo.gl/kIf0y.
Informasi penggunaan SIG di kesehatan masyarakat dapat dilihat di: http://goo.gl/SUomJ.

Catatan:

  • Pelatihan GIS GRATIS, tidak dipungut biaya.
  • Makan siang sederhana dan snack akan disediakan panitia.
  • Semua peserta harus membawa laptopnya sendiri.

Tentang OpenJUMP

  • OpenJUMP bisa berjalan dengan baik pada sistim operasi Windows, Linux, dan Macintosh. Dan seharusnya juga bekerja pada sistim operasi lain yang dapat menggunakan Java 1.5 atau lebih baru.
  • OpenJUMP dapat digunakan dengan geospasial dataset ukuran medium.
  • Tersedia GIS API dengan struktur plugin yang fleksibel, sehingga cukup mudah untuk dikembangkan.
  • Menggunakan standard OGC, seperti SFS, GML, WMS, dan WFS.T
  • Telah diterjemahkan kedalam beberapa bahasa.
  • Informasi lebih lengkap tentang OpenJUMP dan download link tersedia di: http://openjump.org/index.html

Related Posts