Konversi Otomatis Peta Raster Hasil Scan Menjadi Peta Vektor

Posted on

The New York Public Library Labs (NYPL Labs) telah merilis software open source di Github yang mampu melakukan konversi otomatis peta raster hasil scan menjadi peta vektor. The Map-Vectorizer Project dari NYPL Labs tersebut mampu melakukan ekstraksi data vektor polygon beserta attribut-nya dari peta hasil scan.

300x600xmap-vectorizer

contoh hasil konversi otomatis dari peta raster hasil scan menjadi peta vektor

Map-Vectorizer Project dari NYPL Labs telah berhasil menghasilkan peta vektor berupa polygon gedung-gedung dari peta tua New York abad 19 hingga awal abad 20. Konversi otomatis dari peta tua hasil scan tersebut telah menghemat waktu hingga ribuan jam daripada melakukan konversi raster to vector secara manual. Salah seorang staff dari NYPL mengatakan bahwa dibutuhkan 3 tahun untuk menghasilkan 170 ribu polygon dengan attribut-nya dari 4 atlas  peta tua New York yang dikerjakan oleh beberapa sukarelawan secara manual. Namun dengan temuan teknologi konversi otomatis peta hasil scan menjadi peta vektor tersebut, hanya butuh sekitar 24 jam untuk menyelesaikannya.

Baca Juga :   Download Modul: Aplikasi Open Source Quantum GIS untuk Pemetaan

Saat ini, The Map-Vectorizer Project dapat melakukan ekstraksi bentuk polygon dan warnanya dari peta hasil scan. Pengembangan selanjutnya diharapkan dapat melakukan konversi dot (point) dan garis.

Untuk dapat menggunakan source code dari The Map-Vectorizer Project ini, software berikut hasil sudah terinstall di komputer pengguna, yaitu :  Python with OpenCVImageMagickRGIMP and GDAL Tools. Penjelasan lebih lengkap bisa Anda peroleh di laman Map-Vectorizer Project di Github.

 

Related Posts