Konversi Data GPS ke ArcGIS

Posted on

Konversi data GPS ke ArcGIS atau memindahkan data hasil tracking dan marking GPS ke dalam software ArcGIS bisa dilakukan dengan beberapa cara. Misalnya untuk GPS keluaran Garmin, pengguna bisa men-download datanya menggunakan software MapSource, lalu meng-konversi data tersebut ke dalam format .dbf, .txt atau .dxf untuk kemudian di buka menggunakan ArcGIS/ArcMap.

Selain menggunakan software MapSource, Anda juga bisa melakukan konversi data GPS ke ArcGIS menggunakan extension GPS yang secara default terdapat di ArcMap atau menggunakan extention GPSi (GPS Interface) dari Garmin yang bisa di download dari link berikut : http://arcscripts.esri.com/details.asp?dbid=12749.

Tools lain yang bisa di manfaatkan untuk melakukan konversi data GPS ke ArcGIS adalah DNRGarmin. Aplikasi DNRGarmin merupakan freeware yang mampu melakukan koneksi data GPS ke dalam software GIS, termasuk dengan ArcView 3.x, ArcGIS 9.x serta Google Earth. DNRGarmin bisa di download DISINI.

Tahapan cara melakukan konversi data GPS ke ArcGIS menggunakan tool-tool yang disebutkan diatas secara lengkap berikut dengan screenshot-nya bisa Anda temukan pada Bab II Modul Pelatihan ArcGIS Tingkat Lanjut yang tersedia di blog GeoTekno pada link ini.

Baca Juga :   Cara Split Polyline dengan Jarak Tertentu di ArcGIS

Related Posts