Inilah Coverage Google Street View di Indonesia

Posted on

Geotekno.com – Sejak diberitakan Google Street View tersedia untuk beberapa kota di Indonesia hampir setahun lalu, saya belum mendengar adanya update tentang perkembangan wilayah mana lagi yang bisa dijelajahi dengan layanan Street View.

Pada awal rilisnya di Indonesia, Street View tersedia untuk 4 kota besar yaitu Jakarta, Bogor, Surabaya dan Bali. Untuk wilayah Jakarta sepanjang pengamatan saya, foto jalanan Ibukota diambil pada April 2013. Wilayah mana lagi yang telah mendapatkan update Street View?

a d v e r t i s e m e n t

Ternyata Google memiliki layanan untuk mengetahui wilayah mana saja di berbagai belahan dunia yang telah tersedia peta jalan Street View. Anda bisa kunjungi link berikut untuk melihat coverage Street View :  http://www.google.com/maps/about/behind-the-scenes/streetview/

Where is Street View

Jika melihat pada wilayah Indonesia, saya baru menyadari bahwa ternyata Jalur Pantura telah tersedia layanan Street View. Coverage Street View pada Jalur Pantura dimulai dari Tol Jakarta-Cikampek terus ke arah barat melewati Pamanukan, Indramayu, Cirebon, Tegal, Pekalongan,  Kendal, Semarang, Kudus dan terhenti di Rembang.

Street View Jalur Pantura ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi yang membutuhkan panduan jalan terutama nanti saat musim mudik tiba. Selain update Street View di Jalur Pantura itu, Kota Bekasi, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kota Depok telah hampir seluruhnya tercover Street View.

Street View Malaysia

Jika dibandingkan dengan negeri tetangga seperti Malaysia, Thailand dan bahkan Kamboja, coverage Street View Indonesia tampaknya masih kalah luas. Saat ini, mobil Google Street View tengah menjelajah beberapa wilayah di Indonesia.

Dari link diatas, klik pada See where we’re currently driving, maka Anda bisa melihat bahwa mobil yang mengambil gambar 360 derajat tersebut tengah memotret Buleleng Bali, Ciamis, Garut, Banjar, Tasikmalaya Jawa Barat. Kemudian, di Jawa Tengah yang sedang di jelajahi adalah Cilacap, Karanganyar, Klaten, Sragen, Sukoharjo, Wonogiri serta Gunung Kidul di Yogyakarta. Koq Kota Bandung, Kota Yogyakarta dan Kota Solo malah dilewati ya??

Street View Indonesia

a d v e r t i s e m e n t

Related Posts