Indonesia GeoSpatial Data Infrastructure Sudah Bisa Di Akses

Posted on

Bakosurtanal yang berganti nama menjadi Badan Informasi Geospasial (BIG) sesuai Undang-undang No 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial akhirnya merilis Indonesia GeoSpatial Data Infrastructure dengan tampilan menyerupai situs ArcGIS.com.

Indonesia GeoSpatial Data Infrastructure atau Geospasial Portal Indonesia

Geospasial Portal Indonesia tersebut memuat galeri peta tematik diantaranya:

  • Peta Sebaran Gempa Bumi sejak tahun 1973
  • Peta Tutupan Lahan
  • Peta Bencana Alam Indonesia
  • Peta Moratorium Hutan
  • Peta Sebaran Terminal
  • Peta Sebaran Pelabuhan dan Sarana Penyeberangan
  • Peta Distribusi Bandar Udara
  • dll

Seperti halnya ArcGIS.com, di Geospasial Portal Indonesia tersebut Anda bisa membuat peta tematik Anda sendiri untuk di share kepada teman lainnya, atau di share ke group tertutup yang Anda buat. Tersedia menu untuk membuat group di portal tersebut. Sampai saat tulisan ini diposting, telah ada sekitar 30 public group di portal tersebut, diantaranya group Web Application Templates,  Peta Dasar, group Departemen Perhubungan, Group Departemen Pekerjaan Umum dsb. Anda harus terdaftar terlebih dahulu untuk bisa melihat detail dari masing-masing group tersebut.

Sebagai contoh Group Departemen Umum, Anda bisa mendapatkan informasi Peta Pola Pemanfaatan Ruang RTRW Nasional. Anda bisa menampilkan peta tersebut di Geospasial portal dengan memilih ‘Open in Geospasial Untuk Negeri viewer’. Tampilannya tampak seperti gambar dibawah ini. Anda juga di beri pilihan untuk dapat menampilkannya di ArcGIS Desktop 10 di komputer Anda. Tapi ketika saya mencobanya selalu gagal.

Peta RTRW Nasional

Anda bisa mengakses Indonesia GeoSpatial Data Infrastructure atau Geospasial Portal Indonesia dengan tagline ‘Geospasial Untuk Negeri -Informasi geospasial menambah dan memperkuat pengetahuan kita mengatasi masalah keruangan’ tersebut melalui link di bawah ini :

http://maps.ina-sdi.or.id

Related Posts