GIS Tutorial – Image Analysis dan Teknik Klasifikasi Citra di ArcGIS 10

Posted on

ArcGIS bisa dikatakan adalah software yang komplit untuk pengolahan data spasial baik data raster maupun data vektor. Untuk pengolahan data raster, ArcGIS mampu melakukan image analysis dan klasifikasi citra satelit seperti halnya software remote sensing.

citradigital

Berikut adalah gis tutorial cara melakukan image analysis dan teknik klasifikasi citra satelit menggunakan ArcGIS 10. GIS Tutorial ini akan menunjukkan cara melakukan georeferencing, image interpretation  dan image classification di dalam ArcGIS 10 Desktop. Cara georeferencing akan ditunjukkan menggunakan bantuan Google Maps untuk penentuan GCP. Sementara untuk interpretasi citra satelit dan klasifikasi citra (supervised dan unsupervised) menggunakan citra satelit Landsat 5. Data Landsat bisa di download gratis melalui link berikut : http://edcsns17.cr.usgs.gov/EarthExplorer/ atau http://glovis.usgs.gov/.

GIS Tutorial cara melakukan image analysis dan teknik klasifikasi citra satelit di ArcGIS 10 ini di buat oleh Pari Ranade dan Ayse Irmak dari University of  Texas, Austin. Bahasa pengantarnya menggunakan Bahasa Inggris yang mudah dimengerti. Sample data yang digunakan dalam latihan ini bisa di download melalui link ini.

Download GIS Tutorial Cara Melakukan Image Analysis dan Teknik Klasifikasi Citra Satelit Menggunakan ArcGIS 10

Baca Juga :   Konversi TIN to Slope yang Menghasilkan Kelas Lereng dalam Format SHP

Related Posts