Google Earth Versi 6.2 Di Rilis

Posted on

Google Earth versi 6.2 baru saja di rilis dengan tampilan rendering yang lebih halus dan kini telah terintegrasi dengan Google+. Peningkatan lainnya ada fitur pencarian ada di sidebar dengan tampilan yang baru menyerupai fitur yang sama di Google Maps.

google earth 6.2

Tampilan citra satelit di Google Earth 6.2 ini sangat halus, tidak nampak lagi mosaik citra hasil akuisisi tanggal yang berbeda disana. Seperti Anda ketahui, Google Earth merupakan kumpulan citra satelit hasil akuisisi berbagai tanggal yang di mosaik atau ditempelkan saling overlap antar image. Coba Anda bandingkan antara rendering image pada GE sebelumnya dengan yang baru di bawah ini.

google earth smooth rendering

Jika Anda menggunakan Google Earth dengan Eye Altitude lebih tinggi dari 50 km, maka mosaik antar citra satelit tersebut tidak nampak, bahkan untuk mosaik citra satelit resolusi tinggi seperti GeoEye-1 dengan citra satelit resolusi yang lebih rendah seperti Landsat. Namun jika Anda eksplorasi dengan Eye Altitude lebih rendah dari 50 km, baru mosaik citra satelit dengan akuisisi penanggalan yang berbeda tersebut akan tampak, itupun terlihat masih masih sangat halus. Menurut saya ini peningkatan yang sangat baik dari Google Earth, karena Bing Maps telah melakukan rendering yang hampir sama halusnya sejak lama.

Dengan Google Earth 6.2, terdapat fitur untuk login menggunakan akun Google+ serta berbagi tampilan gambar di halaman Google+ Anda. Setelah Anda login, Anda juga bisa berbagi tampilan/ gambar yang Anda lihat di Google Earth melalui email ke teman Anda yang lain. Sayangnya ketika saya coba fitur baru ini, baik Google+ maupun kirim email, keduanya gagal. Tampaknya Google harus memperbaiki fitur ini.

Baca Juga :   Google Earth Pro Movie Maker

google earth send email

Tampilan baru fitur pencarian di Google Earth 6.2 kini lebih menyerupai fitur yang sama di Google Maps. Selain search suggestion yang cepat, hasil pencarian pun ditampilkan secara cepat dan dinamis. Dengan tampilan huruf yang tampak lebih besar dari sebelumnya, mempermudah Anda untuk membaca hasil pencarian tersebut, atau mungkin mempermudah Anda untuk melihat iklan dari Google yang kadang muncul di hasil pencarian tersebut :-).

google earth new search interface

Kini jika update image baru di Google Earth versi desktop, maka GE versi mobile juga akan mengupdate image baru tersebut.

Entah kenapa sejak versi 6 ini, kita tidak bisa melakukan update langsung dari Google Earth Desktop, padahal menu untuk update tersebut tersedia di menu Help –> Check for Online Update. Jika Anda tertarik untuk menggunakan Google Earth 6.2 ini dengan fitur yang baru, Anda bisa download DARI LINK INI.

Related Posts